Dampak Virus Corona, Giliran Apple Tutup Kantor dan Ritel di China

Kompas.com - 01/02/2020, 20:41 WIB
Logo Apple GizmochinaLogo Apple

BEIJING, KOMPAS.com - Produsen ponsel ternama, Apple Inc akhirnya ikut menutup semua kantor perusahaan dan ritel resminya di China daratan hingga 9 Februari 2020 mendatang sejak diumumkan Sabtu (1/2/2020) ini.

Dikutip dari Reuters, penutupan toko tak lain karena meningkatnya wabah virus corona usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan virus corona merupakan virus darurat global. Jumlah kematian pun meningkat lebih dari 2 kali lipat menjadi lebih dari 250 orang.

"Karena kehati-hatian dan berdasarkan saran terbaru dari para ahli kesehatan terkemuka, kami menutup semua kantor perusahaan, toko, dan contact center kami di daratan Cina hingga 9 Februari," kata Apple.

Baca juga: Dampak Virus Corona, Thailand Kehilangan Pendapatan Rp 20,6 Triliun

Apple pun berharap bisa membuka tokonya sesegera mungkin. Sementara pekan ini, Apple telah menutup 3 tokonya di China.

Sebelumnya beberapa perusahaan global menghentikan sementara operasi mereka di China. Seperti Starbucks, McDonald's, KFC, Pizza Hut, dan Ikea.

Beberapa perusahaan juga meminta karyawannya di China untuk bekerja dari dalam rumah dan menghentikan perjalanan bisnis sebisa mungkin hingga minggu pertama Februari.

Sementara Apple, tetap bergantung pada China baik untuk penjualan ponsel pintarnya maupun rantai pasokan dan manufakturnya. Banyak pabrik di provinsi Hubei, termasuk pabrik yang dijalankan oleh AB InBev dan General Motors Co, untuk sementara waktu menangguhkan produksi karena virus.

CEO Apple Tim Cook pun mengaku perusahaan tengah mengerjakan rencana mitigasi untuk menangani kemungkinan kerugian produksi dari pemasoknya di Wuhan, sebagai kota sentral penyebaran virus corona.

Baca juga: Meski Ada Brexit, Pemerintah Lebih Khawatirkan Dampak Virus Corona


Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X