Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Harga Pertamax Kembali Turun | RI Larang Penerbangan dari dan ke China

Kompas.com - 03/02/2020, 05:38 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Pertamina Kembali Turunkan Harga BBM, Simak Rinciannya

PT Pertamina (Persero) kembali menurunkan harga Bahan Bakar Khusus (BBK) seperti Pertamax. Dikutip dari laman resminya, Sabtu (1/2/2020), penurunan harga BBM Umum itu tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019.

Keputusan itu berisi tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Harga BBK biasanya berbeda-beda di tiap daerah karena dipengaruhi oleh besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah. Untuk itu, penurunan harga pun akan berbeda-beda di tiap daerah.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, harga Pertamax mengalami penurunan dari dari Rp 9.200 menjadi Rp 9.000 per liter.

Simak selengkapnya di sini

2. Dicari Jokowi Saat Imlek, Ini Kata Ahok

Ketidakhadiran Komisaris Utama sekaligus menjabat sebagai Komisaris Independen PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam perayaan Imlek, Kamis (30/1/2020), di ICE BSD, Tangerang menjadi tanda tanya.

Pasalnya, Presiden Joko Widodo di lokasi perayaan sedang mencari sosok mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Mengenai ketidakhadirannya tersebut, Ahok mengatakan bahwa dirinya saat itu sedang melakukan rapat perseroan rutin bersama dewan direksi dan komisaris. Sehingga tidak dapat menghadiri acara itu.

"Saya kan tiap Kamis ada rapat dewan komisaris sama dewan direksi. Ya enggak mungkin pergi lah, Kamis hari kerja jam 9," ucapnya di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyinggung ketidakhadiran Ahok pada acara Imlek Nasional 2020.

Selengkapnya baca di sini

3. Kenapa Evakuasi WNI dari Wuhan Bukan Garuda Indonesia? Ini Kata Menhub

Pemerintah berencana mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari China khususnya Kota Wuhan akibat wabah virus corona. Hasil diskusi menentukan evakuasi itu dilakukan melalui jalur udara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com