Mulai Rabu, Garuda Hentikan Sementara Penerbangan dari dan ke China

Kompas.com - 03/02/2020, 06:31 WIB
Ilustrasi ShuterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Maskapai Garuda Indonesia resmi menunda sementara rute penerbangan dari dan menuju China menyusul peningkatan skala epidemik virus corona dan status darurat global yang ditetapkan WHO.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, langkah ini merupakan upaya antisipasi penyebaran virus, dengan mengedepankan aspek keselamatan penerbangan.

Selain itu, keputusan ini juga diambil menyusul pernyataan pemerintah untuk menutup seluruh rute penerbangan dari dan ke China.

Baca juga: Pemerintah RI Perintahkan Maskapai Tunda Penerbangan dari dan ke China

"Kebijakan tersebut juga merupakan tindak lanjut komitmen dan dukungan penuh Garuda Indonesia terhadap upaya Pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona di Indonesia yang salah satunya dilakukan melalui penundaan sementara rute penerbangan dari dan menuju China" tutur dia dalam keterangan tertulis, Senin (3/2/2020).

Penundaan sementara layanan penerbangan dari dan menuju China yang akan mulai diberlakukan pada Rabu (5/2/2020), pukul 00.00 hingga waktu yang akan ditentukan lebih lanjut.

"Garuda Indonesia terus memantau situasi terkini serta dan akan mengambil tindakan yang diperlukan termasuk memberikan informasi terbaru khususnya terkait tindak lanjut atas layanan operasional penerbangan", ujar Irfan.

Irfan menjelaskan, penundaan sementara melingkupi layanan penerbangan dari dan menuju Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou dan Xi’an.

Baca juga: Kenapa Evakuasi WNI dari Wuhan Bukan Garuda Indonesia? Ini Kata Menhub

Saat ini, maskapai pelat merah tersebut melayani sebanyak 30 fekuensi penerbangan setiap minggunya ke China.

Sementara itu penerbangan dari dan menuju Hongkong masih dilayani dengan pengawasan penuh bersama dengan otoritas terkait.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X