Berbisnis dengan Pasangan? Simak 5 Tips Ini

Kompas.com - 03/02/2020, 10:46 WIB
Ilustrasi pasangan ShutterstockIlustrasi pasangan

NEW YORK, KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bahwa sebagai penguasaha maka bisnis dan cinta tidak bisa bercampur.

Namun, nyatanya tidak ada alasan bahwa pasangan tidak dapat bekerja sama untuk menciptakan bisnis yang luar biasa.

Bekerja bersama setiap hari dan mempertahankan hubungan yang kuat membutuhkan udaha yang cukup besar. Terutama jika Anda berdua memiliki kepribadian yang sama-sama kuat atau keras. 

Misalnya seperti Bill Gates dan Melinda, pasangan miliarder yang juga merupakan filantrofis dunia.

Baca juga: 4 Hal yang Diperhatikan Saat Membeli Rumah Bersama Pasangan

Mengutip dari Entrepreneur, Senin (3/1/2020), berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menggabungkan bisnis dan cinta sehingga bisa seperti Bill gates dan Melinda.

1. Pastikan Anda memiliki komunikasi yang baik

Ketika bekerja dengan pasangan, Anda harus menjaga komunikasi yang baik satu sama lain. Jika Anda konflik, maka tidak hanya hubungan profesional saja yang terganggu, hubungan personal pun bisa terkikis.

Anda harus terbuka dan komunikasi kepada pasangan ketika ada sesuatu hal yang tidak beres dalam bisnis. Jika Anda kesal dengan pasangan, sebagai rekan kerja Anda harus tahu peran mana yang dilakukan untuk menjelaskan dan berbicara.

2. Beristirahat

Penting untuk bekerja dan berbicara khusus mengenai bisnis Anda dengan pasangan. Sesekali cobalah untuk beristirahat dengan cara berlibur untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama yang jauh dari tempat kerja dan topik pekerjaan.

Coba sesekali untuk mengatur kencan malam setiap Minggu walaupun setiap hari Anda sering bertemu dengan pasangan.

3. Tetap profesional

Saat bekerja penting untuk menjaga hubungan dan tetap profesional.

Perlakukan pasangan Anda seperti rekan kerja saat berada di kantor. Namun begitu keluar dari kantor dia kembali menjadi pasangan anda.

Baca juga: Menggunakan Kartu Kredit Berdua dengan Pasangan, Perlukah?

4. Berikan penghargaan dan rayakan hal-hal kecil

Saat bekerja bersama, Anda harus menunjukkan penghargaan termasuk untuk hal-hal yang remeh. Jika Anda dan pasangan sudah bekerja keras tunjukkan rasa terima kasih.

Jika pasangan Anda mengambil langkah kecil yang menguntungkan bisnis, tidak ada salahnya sesekali merayakannya. Ini juga merupakan cara untuk menghormati dan menghargai semua yang mereka lakukan untuk bisnis.

5. Waktu khusus untuk pasangan

Bekerja bersama, bangun di rumah yang sama, pergi kerja bersama dan berada di kantor yang sama terkadang bisa membuat jenuh dalam hubungan.

Oleh sebab itu manajemen waktu sangat penting untuk menjaga berjalannya bisnis dan terhindar dari kejenuhan.

Ciptakan batasan yang jelas mana waktu berbinsnis dan kapan waktu pasangan.  Saat waktu untuk pasangan misalnya, tidak boleh ada telepon ataupun membicarakan masalah pekerjaan.

Pastikan juga dari awal Anda berkomitmen, bahwa apapun yang terjadi dalam bisnis tidak mengganggu hubungan personal Anda dengan pasangan.

Baca juga: 6 Saran Keuangan yang Wajib Diperhatikan Anda dan Pasangan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X