BTN Telah Salurkan Rp 111 Triliun untuk KPR Subsidi

Kompas.com - 03/02/2020, 13:46 WIB
Ilustrasi KPR www.shutterstock.comIlustrasi KPR

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus fokus  meningkatkan pembiayaan pada sektor perumahan.

Ini sejalan dengan fokus bisnis perseroan pada penyediaan perumahan bagi masyarakat Indonesia.

Direktur Utama BTN Pahala N Mansury mengatakan, tujuan dari BTN melakukan pembiayaan rumah tentunya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menyediakan kebutuhan perumahaan.

"Sampai saat ini lebih dari Rp 195 triliun KPR yang dimiliki BTN, sekitar Rp 111 triliun bersubsidi dan sisanya non subsidi. Ini tentunya merupakan indikator bahwa BTN memang terbukti fokus pada penyediaan perumahan bagi masyarakat Indonesia," kata Pahala dalam keterangannya, Senin (3/2/2020).

Baca juga: Tips Ambil KPR Pada 2020

Menurut Pahala, kepemilikan rumah merupakan salah satu bentuk dari masyarakat agar bisa memiliki aset yang peningkatan nilainya di masa datang bisa berlipat-lipat.

"Kita berharap masyarakat juga perlu edukasi, didorong dan dipastikan bahwa pendapatan yang mereka miliki bukan hanya digunakan untuk kebutuhan yang konsumstif saja, namun betul-betul bisa diinvestasikan, bisa juga ditabung dan sebagian juga untuk bisa memiliki aset yang nilainya berlipat-lipat di masa datang," ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat perlu diajak untuk bagaimana mereka gemar menabung untuk kemudian mereka membeli rumah dengan bank sebagai pendamping.

"Gerakan seperti Ayo Membeli Rumah dengan menabung di bank tabungan menurut saya perlu dilakukan," kata Pahala.

Baca juga: Mulai 2020, Pemerintah Hapus Subsidi Selisih Bunga KPR

Sebagai bank yang pangsa pasarnya di atas 90 persen untuk perumahan bersubsidi, BTN juga turut memastikan kualitas pengembang atau developer agar para pengguna yang menggunakan rumah subsidi yang dibiayai perseroan betul-betul bisa memberikan manfaat yang baik dan optimal.

"Kita berharap developer yang memperoleh pendanaan dari Bank BTN betul-betul berkinerja baik, NPL-nya juga rendah dan juga kualitas bangunan atau huniannya baik serta fasilitas umumnya menunjang, sehingga memberikan manfaat yang optimal bagi para warganya," ungkap Pahala.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X