Bangkrut, Forever 21 Bakal Jual Asetnya Senilai Rp 1,13 Triliun

Kompas.com - 03/02/2020, 14:17 WIB
Suasana gerai Forever 21 di South State Street, Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 8 Agustus 2014. Timothy Hiatt/Getty Images/AFPSuasana gerai Forever 21 di South State Street, Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 8 Agustus 2014.
Penulis Mutia Fauzia
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Forever 21 telah mencapai kesepakatan untuk menjual aset mereka senilai 81 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,13 triliun (kurs Rp 14.000). Keputusan tersebut dilakukan usai perusahaan mengajukan pailit empat bulan lalu.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, peritel fast fashion tersebut bakal dijual kepada konsorsium yang terdiri atas beberapa operator mall Amerika Serikat seperti Simon Property Group dan Brookfield Properties serta firma manajemen Authentic Brands Group.

Dikutip dari CNN, penjualan tersebut meliputi keseluruhan aset yang dimiliki Forever 21 termasuk gerai yang masih buka dan lini bisnis kecantikan yaitu RileyRose.

Baca juga: Semua Penerbangan Lion Air ke China Dibatalkan, Penumpang Bisa Refund

Adapun selain konsorsium tersebut, pengadilan niaga setempat masih membuka lelang hingga 7 Februari untuk perusahaan lain yang memiliki minat.

Forever 21 merupakan satu dari banyak peritel tradisional yang tengah menghadapi kesulitan di tengah budaya belanja online yang kian menjamur. Keberadaan portal belanja online telah memangkas lalu lintas belanja di mall maupun di toko-toko fisik.

Tingkat utang dan biaya sewa gerai yang tinggi juga menjadi beban lain bagi para peritel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan perusahaan-perusahaan ritel yang sehat telah menutup gerai mereka serta beberapa yang mengalami kesulitan keuangan memutuskan untuk mengajukan bangkrut.

Baca juga: Lowongan Kerja BRI untuk S1 dan S2, Cek Pendaftarannya di Sini

Forever 21 telah mengajukan pailit pada akhir September 2019 dan mengumumkan rencana untuk merombak bisnis global mereka dengan menutup ratusan toko di Amerika Serikat dan luar negeri untuk menghemat biaya sewa.

Selain Forever 21, belakangan Authentic Brands Group melakukan aksi beli untuk perusahaan ritel lain yaitu New York Barneys yang telah mengajukan pailit pada Agustus 2019. 

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN Pelindo II, Ini Syarat dan Cara Daftarnya



Sumber CNN
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.