Luhut: Dampak Virus Corona Sebabkan Destinasi Wisata Sepi

Kompas.com - 03/02/2020, 22:15 WIB
Antrean turis China di sebuah bandara. ShanghaiistAntrean turis China di sebuah bandara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan virus Corona virus sangat mempengaruhi sektor pariwisata, terutama kunjungan wisatawan asal China. 

"Sudah sekarang itu dilarang, nggak ada yang datang (turis China). Lebih parah lagi sekarang, Bali itu sepi. Singapura itu sekarang sepi. Kita Manado habis, Bintan juga nggak ada sama sekali," katanya di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Luhut memperkirakan, kerugian virus Corona terhadap sektor pariwisata Indonesia mencapai puluhan juta dollar AS. "Jadi kita bisa rugi berapa puluh juta dollar per bulan," ucapnya.

Baca juga: Karena Virus Corona, Apindo Koreksi Pertumbuhan EKonomi RI di Level 5 Persen

Diberlakukannya larangan terbang dari dan ke China oleh Pemerintah Indonesia mulai 5 Februari 2020, membuat maskapai rugi.

Sementara, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengakui, tersebarnya virus Corona sangat berdampak terhadap okupansi penginapan.

Misalnya saja di Bali yang kerap didatangi turis China. Ia menyebut turis China yang datang ke Bali mencapai 1,7 juta orang per tahunnya.

"Sekarang sudah mulai berdampak seperti Bali itu drop sekali. Kita berbicara pariwisata ya, paling terpukul dan paling terasa dampaknya," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X