Rute China Ditutup, Pemerintah Perlu Beri Diskon-diskon Ini ke Maskapai Penerbangan

Kompas.com - 04/02/2020, 12:11 WIB
Pesawat tipe A-330 milik Batik Air melakukan persiapan untuk menjemput Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Sabtu (1/2/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/gp/hp. MUHAMMAD IQBALPesawat tipe A-330 milik Batik Air melakukan persiapan untuk menjemput Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Sabtu (1/2/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/gp/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dinilai perlu memberikan insentif kepada maskapai nasional yang melayani rute penerbangan China.

Pasalnya, mulai Rabu (5/2/2020) besok, pemerintah mulai menutup sementara rute penerbangan dari dan ke China. Ini merupakan langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona.

Pengamat penerbangan Arista Atmadjati mengatakan, insentif perlu diberikan sebagai kompensasi terhadap potensi meruginya maskapai penerbangan dari kebijakan penutupan rute China.

Baca juga: Penerbangan Rute China Ditutup, Menhub Usul Pesawat Digunakan ke Negara Ini

"Jangan hanya maskapai berkorban. Enggak ada insentif, enggak ada jadwal apa-apa (pesawat), kan parkir. Tapi sewa pesawat jalan terus, argo pesawat, ini yang jadi masalah," tuturnya kepada Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Menurut dia, insentif dapat diberikan pemerintah dalam bentuk diskon terhadap beberapa komponen biaya penerbangan.

"Misal untuk sewa biaya navigasi, landing, parking fee, diskon garbarata (jembatan penghubung pesawat dengan bandara), itu yang kena dampak," kata dia.

Bukan hanya itu, Arista juga menyarankan kepada Kementerian Keuangan melalui Ditjen Bea dan Cukai serta Kementerian Perindustrian untuk memberikan potongan harga terhadap suku cadang maskapai yang terdampak.

"Insentif-insentif itu harus diberikan. Juga ini komponen spare part selama beberapa bulan, selama (rute penerbangan) ditutup," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah RI Perintahkan Maskapai Tunda Penerbangan dari dan ke China

Rencana pemerintah untuk mengubah rute penerbangan pesawat yang tidak beroperasi juga dinilai Arista tidak akan efektif meminimalisasi kerugian maskapai.

"Ini kan terjadi saat low season," katanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X