Erick Thohir Tunjuk Bio Farma Jadi Induk Holding BUMN Farmasi

Kompas.com - 04/02/2020, 18:18 WIB
Vaksin yang diproduksi Bio Farma. Kontributor Bandung, Reni SusantiVaksin yang diproduksi Bio Farma.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi membentuk holding BUMN farmasi.

Sebagai induk perusahaannya, Erick telah menunjuk PT Bio Farma. Selain Bio Farma, holding farmasi itu berisi PT Kimia Farma Tbk, PT Indonesia Farma Tbk.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, holding BUMN farmasi itu telah dibentuk Erick sejak akhir Januari 2020 lalu.

“Jadi ini KPI kami juga berhasil buat sub holding (farmasi). (Pembentukannya berdasarkan) Kepmen No 862/kmk.06/2019,” ujar Arya di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Baca juga: BUMN Farmasi Difokuskan Kembangkan Pabrik Bahan Baku Obat

Arya menjelaskan, pembentukan holding farmasi ini dilakukan karena melihat semakin pesatnya pertumbuhan industri tersebut.

“Pertumbuhan biaya kesehatan negara hampir selalu dua kali lipat dari pertumbuah ekonomi negara. Jadi kalau Indonesia (pertumbuhan ekonominya) 5 persen maka biaya kesehata dua kali lipatnya. Jadi industri farmasi prospeknya besar banget,” kata Arya.

Selain itu, lanjut Arya, holding farmasi ini diharapkan mampu menekan impor. Dengan begitu, neraca perdagangan Indonesia bisa lebih baik lagi ke depannya.

“Dengan subhoding ini terbangun kemandirian obat dan alat (kesehatan) yang sampai hari ini 90-94 persen masih impor, sementara Indonesia ini sumber keanekaragaman hayati, jadi bisa diodiversiti,” ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X