Menhub: Hanya 35 Persen Masyarakat Jakarta Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 04/02/2020, 21:18 WIB
Stasiun MRT Bundaran HI dipenuhi oleh penumpang yang hendak meramaikam acara puncak perayaan hari ulang tahun ke-492 Jakarta di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019). KOMPAS.com / VITORIO MANTALEANStasiun MRT Bundaran HI dipenuhi oleh penumpang yang hendak meramaikam acara puncak perayaan hari ulang tahun ke-492 Jakarta di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum.

Jika dibandingkan tetangga seperti Singapura Indonesia masih belum maksimal dalam penggunaan transportasi umum.

"Jumlah pengguna angkutan umum di Jakarta masih 32 persen, sementara seperti Singapura dan Jepang itu 60 persen dan 70 persen," ucapnya di Hotel LeMeriden, Selasa (4/1/2020).

Untuk itu ia mengatakan pemerintah akan gencar mengejar pembangunan transportasi publik seperti Mass Rapid Transit ( MRT) dan Light Rail Transit ( LRT).

Baca juga: Menhub Sebut MRT Sampai Tangerang Selatan Sudah Masuk Rancangan

"Sebab dengan adanya MRT dan LRT sudah menjadi solusi bagi masyarakat Jakarta dalam hal bepergian, ini merupakan keniscayaan dengan hadirnya kedua moda transportasi tersebut angkutan massal pun menjadi lebih efisien," ucapnya.

Seperti diketahui Seperti diketahui Pembangunan moda raya terpadu atau mass rapid transit (MRT) fase II rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kota direncanakan mulai dibangun pada Maret 2020 dan akan selesai 2023. kemudian pembangunan MRT di daerah timur dan barat akan dimulai sekitar tahun 2022 dan akan selesai pada 2026 mendatang.

Sedangkan LRT Pemerintah mengejar target resmi beroperasi pada Desember 2021. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X