KILAS

Di Turki, Wamendag Beri Rahasia Sukses pada Pelajar Indonesia

Kompas.com - 05/02/2020, 14:30 WIB
Wamendag menguraikan kunci meraih kesuksesan pada 200 pelajar Indonesia di Turki dalam acara Inspiration Day Biro Humas KemendagWamendag menguraikan kunci meraih kesuksesan pada 200 pelajar Indonesia di Turki dalam acara Inspiration Day
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berbagi kunci rahasia untuk meraih kesuksesan kepada 200 pelajar Indonesia di Turki.

“Ada beberapa hal penting yang menjadi kunci untuk dapat meraih kesuksesan, yaitu konsistensi, doa dan rasa syukur, serta jejaring kerja,” jelasnya saat menghadiri “Inspiration Day” di kantor OSB, Kayseri, Turki, Sabtu (1/2/2019).

Perhelatan ini mengawali kunjungan Wamendag di Turki yang dijadwalkan akan berlangsung pada 1 - 3 Februari 2020.

Lebih dalam Jerry menjelaskan tentang tiga kunci sukses tersebut,

Pertama konsistensi. Menurutnya untuk mencapai sukses perlu konsisten dalam melakukan apa yang telah dikerjakan dan menyelesaikannya. 

Baca juga: Wamendag Jelaskan Dasar Kebijakan Minerba Indonesia kepada UE dan WTO

Kedua, doa dan rasa syukur. Wamendag Jerry menyakini, doa dan bersyukur akan menghilangkan rasa kecewa, jika hal yang diinginkan belum atau tidak tercapai.

Ketiga adalah memperkuat jejaring kerja (networking).  Menurnya networking bisa diperoleh dengan terus mengukir prestasi.

“Orang berprestasi akan mendatangkan perhatian dari orang lain dan ini merupakan langkah awal dalam membangun networking  yang sangat berguna di masa mendatang,” imbuhnya.

Selain tiga kunci itu, Jerry juga menyebut keberuntungan menjadi faktor lain dalam membantu seseorang meraih kesuksesan.

Namun Jerry menggarisbawahi, keberuntungan hanya mendatangi individu yang bekerja lebih keras.

Baca juga: Mudahkan Perizinan Usaha, Kemendag Kembangkan SIMPKTN

Dikesempatan yang sama Jerry juga mengharapkan semua pelajar di Turki dapat menjadi agen pemasaran produk ekspor Indonesia.

Sebagai informasi, sebagian besar pelajar yang datang di acara "Inspiration Day" berasal dari Jurusan Hubungan Internasional dan Ilmu Politik.

Jurusan tersebut sama dengan bidang akademis yang digeluti Wamendag Jerry

Selain Wamendag, dalam acara tersebut hadir pula Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal dan Konsul Kehormatan Turki untuk RI, Tahir Nursacan.

Lalu Muhammad mengatakan, acara "Inspiration Day" ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan generasi muda, yakni “harapan”,

Baca juga: Sertifikasi atau Gelar Master, Mana yang Lebih Baik untuk Peningkatan Karir?

Perlu diketahui, “Inspiration Day” merupakan satu sesi khusus yang menghadirkan tokoh-tokoh yang dapat memberikan inspirasi kepada para pelajar.

Tahun sebelumnya, acara ini pernah menghadirkan Sandiaga Uno dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Acara “Inspiration Day” diselenggarakan atas kerja sama Perhimpunan Pelajar Indonesia ( PPI) Turki dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara.

Pelaksanaannya bertepatan dengan penyelenggaraan Musyawarah Tahunan PPI seluruh Turki.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X