Penanganan Wabah Corona Dorong Rupiah Kembali Menguat

Kompas.com - 06/02/2020, 18:04 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Kamis (6/2/2020) mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.634 per dollar AS. Rupiah menguat 56 poin sebesar 0,41 persen dibanding penutupan Rabu Rp 13.690 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, optimisme penanganan wabah virus corona menjadi sentimen pendukung optimisme pasar sehingga berdampak positif pada pergerakan rupiah.

"Adanya optimisme (pasar), wabah virus corona dapat dikendalikan sehingga dampak ekonomi corona virus dapat dibatasi," kata Ibrahim.

Baca juga: Meski Ekonomi Melambat, Rupiah dan IHSG Diproyeksi Tetap Menguat

Selain itu, pengembangan vaksin virus corona dan peningkatan mutu perawatan pasien virus corona semakin baik.

Walaupun WHO sempat mengatakan vaksin corona belum bisa dipastikan kapan selesai.

Di sisi lain, kabar lepasnya Presiden Donald Trump dari jeratan pemakzulan turut menjadi sentimen positif pasar, dimana ketidakpastian yang dihadapi oleh pelaku pasar saat ini menjadi berkurang.

"Ada harapan, kebijakan ekonomi yang sering dieksekusi oleh Trump akan terus bisa disalurkan, yang pada akhirnya akan menjaga laju perekonomian global di level yang relatif tinggi," ungkapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X