Bill Gates Donasikan Rp 1,3 Triliun untuk Bantu Atasi Wabah Corona

Kompas.com - 06/02/2020, 18:48 WIB
Bill Gates menyebut dunia belum siap jika pandemik baru menyerang kita science alertBill Gates menyebut dunia belum siap jika pandemik baru menyerang kita

HONG KONG, KOMPAS.com - Yayasan yang didirikan pendiri Microsoft Bill Gates, yakni Bill and Melinda Gates Foundation, mendonasikan Rp 1,3 triliun (asumsi Rp 13.632 per dollar AS) atau 100 juta dollar AS.

Donasi tersebut untuk membantu mengatasi wabah corona.

Mengutip CNN, Kamis (6/2/2020), dana tedsebut nantinya akan digunakan untuk membantu menemukan vaksin untuk virus corona, membatasi penyebarannya, dan meningkatkan deteksi dan perawatan pasien.

Baca juga: 4 Kunci Kebahagiaan Bill Gates di Usia Tua, Apa Saja?

Penyerahan pertama akan diberikan kepada kelompok Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 20 juta dollar AS atau Rp 280 miliar.

Pendanaan juga akan dialokasikan untuk lembaga kesehatan masyarakat di China dan negara-negara lain yang terkena dampak wabah corona.

Yayasan Bill Gates juga berfokus pada negara-negara di Asia Selatan dan Afrika yang dikabarkan di berrisiko terkontaminasi virus yang lebih tinggi karena kurangnya akses ke perawatan kesehatan yang baik.

Alokasi 20 juta dollar AS juga akan diberikan kepada otoritas kesehatan di wilayah ini.

Baca juga: Ramalan Mengerikan Bill Gates soal Wabah Virus Corona

Bill dan Melinda Gates memang dikenal karena pekerjaan mereka di bidang kesehatan masyarakat dan filantropi.

Pada 2009, keduanya juga turut andil bekerjasama dengan China untuk memerangi wabah TBC dan menyumbang sekitar 33 juta dollar AS ayau Rp 462 miliar untuk bantuan.

Pada 2010, pasangan ini berkomitmen sebanyak menyumbangkan 10 miliar atau Rp 140 triliun untuk penelitian vaksin selama dekade berikutnya.

Pada tahun yang sama, mereka juga memulai sebuah inisiatif dengan Warren Buffett dari Berkshire Hathaway dan mendorong para miliarder untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Bill Gates selaku pendiri Microsoft (MSFT) merupakan orang terkaya kedua di dunia. Saat ini ia diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai 117 miliar dollar AS bersasarkan indeks Bloomberg Billionaires.

Baca juga: Jack Ma Donasi Rp 201,6 Miliar Untuk Perawatan Pasien dan Riset Vaksin Virus Corona

Sebelumnya, pendiri Alibaba (BABA) Jack Ma telah menyumbangkan 100 juta yuan atau 14,4 juta dollar AS atau Rp 201,6 miliar untuk penelitian vaksin dan langkah-langkah perawatan virus.

CEO Xiaomi Lei Jun juga menyumbang 12,7 juta yuan atau 1,8 juta dollar AS atau Rp 25,2 miliar untuk upaya bantuan di provinsi asalnya, Hubei.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X