Kemenkop UKM Genjot Ekspor Mebel dan Kerajinan

Kompas.com - 06/02/2020, 19:33 WIB
Ilustrasi furnitur. www.shutterstock.comIlustrasi furnitur.

JAKARTA , KOMPAS.com - Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) bersama Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menyepakati upaya-upaya untuk menggenjot ekspor furnitur dan kerajinan menjadi dua kali lipat.

"Kami sangat mendukung keinginan pemerintah melipatduakan nilai ekspor furniture dan kerajinan, karena peluang kearah itu terbuka lebar namun harus ada upaya upaya untuk mencapainnya," ujar Ketua Umum HIMKI Soenoto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (6/2/2020).

Soenoto menjelaskan HIMKI telah mencatat nilai ekspor barang furnitur dan kerajinan pada tahun 2019 mencapai 2,5 miliar dollar AS dan menargetkan sebesar 5 miliar dollar AS pada 2020.

Baca juga: Garap Pasar AS, Ekspor Mebel RI Bersaing Ketat dengan Vietnam

Dalam pertemuannya yang dilakukan dengan Kemenkop UKM Teten Masduki ia memaparkan ada 10 rekomendasi yang diusulkan HIMKI agar ekspor furniture dan kerajinan ini bisa naik dua kali lipat.

Pertama adalah kecukupan pasokan bahan baku khususnya rotan dan kayu sebagai jaminan ketersediaan pasokan ke industri barang jadi.

Untuk itu HIMKI mendukung rencana pemerintah untuk lebih mengaktifkan Badan Penyangga Rotan dan Kayu yang sebenarnya sudah ada.

"Kita telah mengusulkan regulasi kewajiban menanam kayu perkakas bagi HPH, soal regulasi SVLK (sistem verifikasi legalitas kayu) juga telah diusulkan berlaku di hulu saja. Kalau sekarang kan di hilir juga diwajibkan," kata Soenoto.

Baca juga: Pemerintah Rayu Pabrik Mebel Asal China Pindah Ke Indonesia

Kedua, bantuan atau subsidi peremajaan alat dan teknologi produksi agar bisa menopang akselerasi dan efisiensi proses produksi.

Ketiga, inovasi dan pengembangan desain (design center) dan perlindungan desain melalui HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).

Keempat, kebijakan suku bunga pinjaman yang wajar sehingga bisa menjadi salah satu dasar untuk memiliki daya saing.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X