Virus Corona Kian Mengkhawatirkan, Diler Tesla di China Mulai Tutup

Kompas.com - 06/02/2020, 19:48 WIB
Chairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk. carnewscafe.comChairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk.
Penulis Kiki Safitri
|

HONG KONG, KOMPAS.com - Setelah banyak diler di China tutup, akhirnya diler Tesla juga tutup setelah wabah corona yang semakin mengkhawatirkan.

Melansir CNN, Kamis (6/2/2020), diler Tesla mulai tutup sejak awal pekan ini karena jumlah kematian akibat virus corona meningkat lenih dari 500 orang.

Sebelumnya perusahaan teknologi Apple juga telah menutup toko-toko di China hingga 9 Februari. Banyak merek asing lain yang beroperasi di China juga untuk sementara waktu menangguhkan atau membatasi operasi bisnis lokal mereka.

Baca juga: Bill Gates Donasikan Rp 1,3 Triliun untuk Bantu Atasi Wabah Corona

Penutupan diler Tesla disampaikan oleh pegawai Tesla yang menyebutkan diler akan ditutup seluruhnya di China.

“Mulai hari ini, toko Tesla semuanya tutup di seluruh China," kata seorang pekerja.

Saham Tesla turun lebih dari 17 persen pada hari Rabu setelah VP Tesla di China, Tao Lin, mengumumkan dalam Weibo, pengiriman mobil pada awal Februari akan menhalami keterlambatan karena penyebaran virus corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Layanan SMS dan Telepon Diperkirakan Akan Punah pada 2022

Tesla memiliki 24 toko di China dan karena permintaan cukup besar, Tesla membuka pabrik khusus di Shanghai tahun lalu. Pabrik baru itu, mulai mengirimkan mobil Model 3 kepada pelanggan di China pada awal Januari.

Analis CFRA Research, Garrett Nelson mengatakan kondisi serangan virus corona dapat mempengaruhi laba Tesla pada kuartal atau dan dua.

“Kami melihat situasi China sebagai hal yang kritis dalam hal kemampuan TSLA memperoleh laba GAAP (prinsip akuntansi yang berlaku umum) untuk kuartal 1 dan kuartal 2," katanya.

Baca juga: Saat Kekecewaan Korban Jiwasraya Tumpah...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.