Pariwisata Lesu Terdampak Virus Corona, Ini Upaya yang Dilakukan Wishnutama

Kompas.com - 07/02/2020, 14:14 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio ditemui usai rapat koordinasi di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (7/2/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio ditemui usai rapat koordinasi di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak menyebarnya virus corona dari Wuhan, China ke berbagai negara berdampak terhadap penurunan wisatawan mancanegara, termasuk Indonesia. Apalagi di Indonesia sendiri wisatawan asing banyak didominasi dari China.

Oleh sebab itu, pemerintah mulai mencari stimulus untuk mendongkrak kembali pariwisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Wishnutama Kusubandio mengatakan, akan mendorong wisatawan domestik untuk berwisata di dalam negeri. Selain itu, juga diupayakan menarik wisatawan asing dari negara lain dengan cara menambah rute penerbangan baru.

"Kita sudah berkoordinasi dengan beberapa airlines, ke menteri perhubungan juga, untuk mengalihkan atau menambah frekuensi rute pesawat ke Indonesia dari negara lain selain China. Insya Allah akan ada dalam waktu dekat tambahan frekuensi atau tambahan rute dari luar negeri ke Indonesia," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Baca juga: Terimbas Virus Corona, Rupiah Diprediksi Melemah Sepanjang Hari Ini

Namun, dirinya belum bisa memastikan negara mana yang akan dijadikan tambahan rute baru frekuensi penerbangan dari maskapai milik Indonesia untuk meningkatkan wisatawan dalam negeri.

"Kita lagi pembahasan teknis ya. Artinya, kalau belum deal kita belum bisa umumin. Tetapi ini juga bukan hal yang mudah karena men-shift rute pesawat itu kan bukan hal yang sederhana. Perlu pembahasan kajian teknis dan sebagainya. Tapi memang akan sesegera mungkin," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan Garuda kami sudah bicara, dengan internasional airlines kita juga bicara, baru beberapa. Nanti akan ada pertemuan lanjutan, jadi ini belum selesai," lanjut Wishnu.

Baca juga: Akibat Virus Corona, Jumlah Turis China Menyusut di Labuan Bajo

Selain itu strategi lainnya, pemerintah akan membuat paket wisata yang bakal disubsidi. Namun, wacana tersebut masih dalam pembahasan.

"Saya nggak tahu soal itu, tapi yang kami tahu kami akan buat paket-paket baru. Ya ya, itu sedang kami bahas juga. salah satunya kami akan mencari potensi dari paket-paket wisata," jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.