Dicolek Wishnutama, Menhub Percepat Status Internasional Bandara Komodo

Kompas.com - 07/02/2020, 16:03 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020) KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mempercepat peningkatan status Bandara Komodo menjadi bandara Internasional pada Juni 2020.

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu mengaku, percepatan peningkatan status bandara yang ada di Labuan Bajo, NTT itu karena ada permintaan dari Menteri Pariwisata Wishnutama.

"Awalnya rencana pemberian status internasionalnya dilakukan 2021, tapi saya dicolek oleh Pak Wisnu untuk mempercepat di high season Juni nanti," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Baca juga: Erick Thohir: Pak Sandiaga Enggak Mungkin Jadi Dirut BUMN

Budi berharap dengan dipercepatnya pemberian status bandara internasional, para investor dan konsorsium bisa segera mengembangkan Bandara Komodo.

Selain itu Menhub juga meminta bantuan dari seluruh pihak untuk membantu dan memberi dukungan pengembangan bandara yang dapat menampung hingga 4 juta penumpang per tahun itu.

"Apalagi ini kan nantinya standar Internasional, banyak yang datang liburan apalagi wisatawan asing saya harapkan seluruhnya dapat membantu pencapaian ini," ucapnya.

Baca juga: Indonesia Setop Pasokan Gas ke Singapura Mulai 2023

Saat ini, pengembangan Bandara Komodo tengah dikembangkan oleh konsorsium PT Cinta Airport Flores (CAF) melalui skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Bandara Komodo ini akan mampu menampung kapasitas kargo mencapai 3.500 ton di atas landasan pacu pesawat yang panjangnya akan menjadi 2.750 meter.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnhutama Kusubandio berharap melalui peningkatan status bandara ini dapat menarik para wisatawan asing.

"Kami akan terus gencarkan promosi Labuan Bajo setelah bandara ini selesai dikembangkan dan saya berharap melalui bandara ini bisa meningkatkan jumlah wisatawan asing apalagi yah tahu sendiri Labuan Bajo memiliki keindahan," kata dia.

Baca juga: Rugi Rp 116,2 Triliun, CEO Uber Sebut Era Bakar Duit Sudah Berakhir

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X