Kompas.com - 07/02/2020, 17:53 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Jumat (7/2/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.675, melemah 0,30 persen dibanding penutupan Kamis Rp 13.635 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, rupiah masih terpengaruh sentimen negatif virus corona. Apalagi ekonomi China diproyeksikan bakal terganggu pada kuartal pertama 2020 akibat wabah ini.

Baca juga: Terimbas Virus Corona, Rupiah Diprediksi Melemah Sepanjang Hari Ini

"Dalam konferensi pers Wakil Gubernur Pan Gongsheng menyebut ekonomi China dapat terganggu pada kuartal pertama akibat virus corona dan akan pulih setelah virus dikendalikan," kata Ibrahim.

Dari sisi internal, cadangan devisa Indonesia yang tercatat positif nyatanya tak mampu mendongkrak nilai tukar rupiah.

Tercatat pada Januari 2020 cadangan devisa sebesar 131,7 miliar dollar AS atau meningkat dibandingkan bulan Desember 2019 sebesar 129,2 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan cadangan devisa yang terus meningkat diharapkan mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Baca juga: Penanganan Wabah Corona Dorong Rupiah Kembali Menguat



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X