Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Upayakan Sertifikasi Green Tol Road

Kompas.com - 07/02/2020, 20:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) menyebut saat ini perusahaan sedang fokus untuk memperoleh sertifikasi Green Tol Road.

Corporate Secretary Jasa Marga Mohamad Agus Setiawan mengatakan sertifikasi Green Tol Road tidak hanya sebatas kondisi jalan yang asri tapi juga sesuai standar pelayanan minimal atau SPM.

"Jadi yang dimaksud dengan green ini tidak hanya sekedar kondisinya hijau, rimbun dan nyaman. Tapi dari semua apsek. Aspek pelayanannya harus baik, bisa ramah terhadap pengguna dan ini sangat ideal," kata Agus di Jakarta Selatan, Jumat (7/2/2020).

Baca juga: Jasa Marga Akan Ganti Rugi 7 Mobil yang Pecah Ban di Tol Prof Soedijatmo

Adapun untuk mendapatkan sertifikasi ini yakni dengan mengupayakan pengelolaan rest area dengan baik. Misalkan saja memaksimalkan pengelolaan sampah, pengelolaan parkir dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

"Jadi di rest area kami berupaya agar sampah yang diproduksi bisa kami kelola dengan baik. Kami ingin menciptakan lingkungan yang green, masyarakat yang memang teredukasi dan kami ingin meningkatkan pelayanan," jelasnya.

Jasa Marga juga menggandeng institusi berwenang dalam membantu pengelolaan sampah. Ini dilakukan agar rest area bisa lenih bersih dan meningkatkan kenyamanan.

Baca juga: Sri Mulyani ke Pengusaha: Gaji Saya Lebih Kecil dari Direktur Keuangan Bapak Ibu...

Adapun pilot project untuk rest area yang diipayakan mendapat sertifikasi Green Tol Road adalah rest area km 88 Cipularang.

"Kami akan evaluasi apabila berjalan dengan baik tentu kami akan duplikasi ke rest area yang dikelola Jasa Marga (lainnya)," ungkap Agus.

Baca juga: Suharso Monoarfa Ditunjuk Jadi Ketua Tim Percepatan Ibu Kota Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com