Taspen: Pensiunan Wajib Otentifikasi Sebelum Gajian

Kompas.com - 07/02/2020, 21:25 WIB
Logo baru Taspen. Dok. TaspenLogo baru Taspen.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Taspen mewajibkan para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk melakukan otentifikasi data secara berkala.

Pada Februari 2020, sejumlah pensiunan PNS tak bisa mengambil gaji pensiunnya melalui ATM. Hal ini disebabkan para pensiunan belum melakukan otentifikasi.

Manager PPID dan Keluhan Pelanggan, Iwan Hermawan mengatakan memang jika belum melakukan otentifikasi maka gaji tak akan cair ke rekening nasabah.

"Kalau belum melakukan otentifikasi gaji belum masuk. Ke rekening. Karena otentikasi merupakan proof of life atau masih membuktikan kalau pensiunan itu masih ada. Ada pengecualian bagi pensiun yang sakit dan ujur bisa meminta perlakuan khusu," ucapnya saat dihubungi kompas.com, Jumat (7/1/2020).

Untuk itu perlu diketahui bahwa otentifikasi terbagi mejadi 3 bagian. Pertama yakni otentikasi untuk pensiun veteran, untuk setiap bulan atau sebulan sekali.

Kedua, otentifikasi untuk yg tidak memiliki tunjangan keluarga yang dilakukan 2 bulan sekali.

Sedangkan ketigaotentifikasi untuk yang masih memiliki tunjangan keluarga, dan dilakukan 3 bulan sekali bagi pensiunan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X