Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Banjir Jakarta, PLN Pastikan Pasokan Listrik Sudah Normal

Kompas.com - 09/02/2020, 10:58 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) menyatakan, pasokan listrik di Jakarta sudah kembali beroperasi normal, pasca banjir yang terjadi pada Sabtu (8/2/2020).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, merespon banjir yang terjadi pada Sabtu kemarin, pihaknya langsung memadamkan sebanyak 163 gardu listrik di Jakarta yang terdampak.

Seiring dengan surutnya banjir, PLN sudah kembali menormalkan aliran listrik di titik terdampak, dimana wilayah terakhir dinyalakan, yaitu Perumahan Gading Ayu, Jakarta Utara.

Baca juga: Membandingkan Anggaran Penanggulangan Banjir Anies Vs Ahok

Proses normalisasi aliran listrik dilakukan setelah masyarakat menyampaikan bahwa banjir sudah mulai surut. Setelah itu perwakilan warga dan petugas PLN menandatangani berita acara penyalaan listrik kembali.

Kendati demikian, Ikhsaan meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan adanya potensi banjir yang kembali terjadi.

"Kami mohon masyarakat tetap waspada apabila sewaktu-waktu air kembali naik. Segera laporkan kepada PLN melalui Contact Center 123 atau langsung ke kantor PLN terdekat agar petugas segera melakukan pemadaman untuk keselamatan," tuturnya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (9/2/2020).

Ikhsaan menjelaskan, aliran listrik dapat menjadi sangat berbahaya ketika terjadi banjir. Sebab, air mampu mengaliri listrik.

Baca juga: PLN Kembali Nyalakan Listrik di Area Terdampak Banjir

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat dapat kooperatif saar terjadi banjir untuk mematikan listrik di rumahnya masing-masing sebelum petugas PLN mematikan dari gardu listrik.

"Terima kasih bagi warga masyarakat yang sudah aktif melaporkan kepada kami untuk memadamkan listrik saat wilayahnya terkena banjir. Keselamatan jiwa adalah yang utama," ucap Ikhsan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com