Kompas.com - 09/02/2020, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comHarga bawang putih sedang mahal-mahalnya sejak beberapa hari terakhir. Komoditas bumbu dapur ini harganya menembus Rp 75.000/kg di sejumlah pasar.

Wakil Ketua Asosiasi Importir Umbi Lapis Indonesia, Haryanto Simarmata, membenarkan kalau penyebaran wabah corona jadi penyebab melambungnya harga bawang putih.

"Yah salah satunya karena virus corona juga," kata Haryanto kepada Kompas.com, Sabtu (8/2/2020).

Menurutnya, selain banyak pemasok di China yang menghentikan pasokannya, rekomendasi izin impor dari Kementerian Pertanian juga sempat mandek pasca merebaknya wabah corona.

"Kemarin kan belum turun rekomendasi (impor) dari pemerintah (Kementerian Pertanian), jadi importir lebih cenderung menunggu untuk tidak mengimpor dulu," ujar Haryanto.

Seretnya pasokan bawang putih impor asal China ini membuat harga di pasaran melonjak tajam. Sebagai informasi, sebagian besar bawang putih dipasok dari impor, terbesar didatangkan dari China.

Baca juga: Panik Corona, Warga Singapura Geruduk Supermarket Borong Belanjaan

Dikutip dari Harian Kompas, harga bawang putih di sejumlah daerah mengalami peningkatan tajam. Di Pasar Raya Padang contohnya, harga bawang putih dibanderol Rp Rp 46.000-Rp 50.000.

Padahal, sepekan sebelumnya, harganya masih di kisaran Rp 28.000-Rp 30.000 per kg. Harga bawang putih melonjak karena barang dari distributor di Medan atau Jakarta langka.

"Barang dari China tak masuk Indonesia karena wabah virus korona,” kata Anto, salah seorang pedagang di Blok II Pasar Raya Padang.

Di Purwakarta Jawa Barat, harga bawang putih juga melonjak hingga dua kali lipatnya. Bawang putih dijual eceran oleh pedagang sebesar Rp Rp 60.000-80.000/kg.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.