Kompas.com - 10/02/2020, 10:00 WIB
ilustrasi pengusaha muda Pexelsilustrasi pengusaha muda

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal 9 Februari lalu diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Peran kerja wartawan tak bisa dilepaskan dari pasang surut ekonomi negara. Tanpa mereka, tak ada pemberitaan yang bisa dinikmati masyarakat.

Sejumlah pengusaha dan tokoh penting di Indonesia, banyak yang dulunya berasal dari wartawan. Sebelum sesukses sekarang, mereka juga di masa lalunya berjibaku di lapangan mencari berita.

Berikut sederet pengusaha yang di masa mudanya sempat mencicipi profesi jurnalis.

Baca juga: Hari Pers Nasional, Ini Pesan Luhut kepada Insan Pers

1. Dahlan Iskan

Siapa yang tak kenal dengan tokoh satu ini. Pengusaha yang dikenal dengan grup media Jawa Pos ini mengawali karirnya sebagai wartawan lapangan.

Dahlan lahir di Magetan 69 tahun lalu itu pernah menjadi wartawan sebuah surat kabar di Kalimantan Timur. Lulusan IAIN ini kemudian melanjutkan karir jurnalistiknya di Tempo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karir di perusahaan media terus menanjak hingga kemudian dirinya memimpin surat kabar Jawa Pos yang saat itu dalam kondisi sulit dengan oplah saat itu baru 6.000 eksemplar.

Siapa sangka, di bawah tangan dinginnya, koran yang berbasis di Surabaya ini berkembang pesat jadi koran nasional dengan jaringan media di hampir semua daerah di Indonesia.

Karirnya kemudian berlanjut di lingkaran pemerintahan. Dahlan pernah menjabat sebagai Dirut PLN sebelum kemudian ditunjuk menjadi Menteri BUMN.

Baca juga: Hari Pers Nasional, Menteri Edhy Bagikan Momen Makan Durian Bersama Wartawan

2. Bambang Soesatyo

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.