4 Cara Bangun Bisnis dengan Konsep Ikigai Ala Orang Jepang

Kompas.com - 10/02/2020, 11:36 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang Jepang dikenal sebagai pekerja keras dan mereka mampu mengatasi tekanan yang ada dalam kehidupan mereka. Di Jepang sendiri ada namanya metode Ikigai dijadikan sebagai suatu gaya hidup dan dipercaya bisa meningkatkan kebahagiaan dalam hidup.

Ikigai sendiri adalah istilah untuk mewujudkan gagasan kebahagiaan dalam hidup. Bisa dibilang Ikigai merupakan konsep kebahagiaan dalam bekerja.

Ikigai ini melambangkan keseimbangan dalam empat faktor yang mempengaruhi kepuasan dan motivasi seseorang, yaitu passion, keahlian, permintaan dan nilai.

Ikigai adalah keseimbangan antara hal yang menjadi keahlian, hal yang bisa dikerjakan guna mendapatkan uang, apa yang dunia perlukan dan apa yang disukai.

Baca juga: Bisnis Dimsum Masih Menjanjikan, Ini Kisaran Modal Awalnya

Tidak hanya untuk kehidupan sehari-hari, namun konsep Ikigai ini dapat pula diterapkan dalam berbisnis. Melansir dari Inc.com, berikut ini penerapan konsep Ikigai dalam bisnis yang bisa insipirasi dalam membangun bisnis:

1. Passion

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menemukan dan menentukan apa yang menjadi passion Anda. Passion ini bisa merupakan sebuah aktivitas yang spesifik, dampak yang bisa Anda berikan pada dunia atau mungkin membantu pelanggan.

Sebagai contoh, Apple memiliki passion untuk menciptakan teknologi, dan Google suka untuk mengumpulkan informasi. Kuncinya adalah meskipun mungkin ada banyak hal yang Anda sukai, hanya ada beberapa yang dapat memenuhi kriteria lain dalam konsep Ikigai.

Baca juga: Menjajal Bisnis Minuman Boba, 1 Bulan Bisa Balik Modal

2. Keahlian

Bisa jadi Anda memiliki banyak hal yang disukai atau menjadi passion. Namun tentu tidak semuanya bisa Anda lakukan dengan baik. Hanya ada beberapa dari hal yang Anda sukai tersebut dapat dilakukan secara maksimal.

Halaman:


Sumber Inc.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.