Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

39 Perusahaan Ajukan Minat Jadi Mitra Pengelola Bandara Kualanamu

Kompas.com - 10/02/2020, 15:12 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan penyampaian dokumen penawaran dari calon mitra strategis untuk pengembangan dan pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu pada akhir Juni 2020.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan calon mitra strategis akan mengirimkan proposal resmi kepada perseroan dengan merujuk pada amandemen Dokumen RfP.

“Sekitar 39 perusahaan sudah mengirimkan Letter of Interest (LoI) terkait dengan ketertarikan mereka untuk menjadi mitra strategis, dan pada hari ini kami merilis amandemen RfP agar mereka segera mengajukan proposal penawaran resmi," ujar Awaluddin di Tangerang, Senin (10/2/2020).

Baca juga: Gaet Investor, AP II Lanjutkan Kemitraan Strategis Kelola Bandara Kualanamu

Adapun 39 perusahaan yang sudah mengirimkan Letter of Interest tersebut antara lain berasal dari Asia Timur, Asia Barat, kawasan ASEAN, hingga Eropa.

Awaluddin juga mengatakan, Angkasa Pura II akan menargetkan rangkaian seleksi untuk mendapat mitra strategis berkelas dunia akan tuntas pada kuartal IV 2020.

Nantinya Angkasa Pura II dan mitra strategis akan menjadi pemegang saham di PT Angkasa Pura Aviasi. Adapun PT Angkasa Pura Aviasi yang akan mengelola Bandara Internasional Kualanamu dengan masa konsesi 25 tahun.

Sementara untuk komposisi kepemilikan saham di PT Angkasa Pura Aviasi adalah PT Angkasa Pura sebesar minimum 51 persen dan mitra strategis maksimum 49 persen.

“PT Angkasa Pura II menjadi pemegang saham mayoritas di PT Angkasa Pura Aviasi sehingga memegang kendali terkait dengan berbagai rencana pengembangan dan pengelolaan Bandara Kualanamu. Kami memastikan Bandara Kualanamu akan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Indonesia,” jelas Awaludidn.

Baca juga: 23 Perusahaan Ingin Kerja Sama dengan AP II untuk Kelola Kualanamu

Selain itu, efek dari skema mitra strategis dalam pengembangan dan pengelolaan Kualanamu ini mendatangkan berbagai keuntungan bagi Angkasa Pura II dan Indonesia.

“Keuntungan dari Strategic Partnership ini adalah adanya Foreign Direct Investment [FDI] ke Indonesia yang terdiri dari Capex Commitment dan Upfront Payment, pengembangan aset di Kualanamu, serta pengembangan 3E, yaitu Expansion the traffic, Expertise Sharing dan Equity Partnership dengan tujuan menjadikan Bandara Kualanamu sebagai international airport hub di kawasan Barat Indonesia” ungkap Awaluddin.

Selain itu, lanjut Awaluddin, pembangunan Bandara Kualanamu juga bisa dipercepat dengan adanya alternatif pembiayaan dari mitra strategis ditambah dengan aset yang sudah dibangun akan kembali ke Angkasa Pura II.

Adapun kapasitas terminal penumpang Bandara Kualanamu sendiri akan ditingkatkan secara bertahap. Terminal bandara tersebut akan ditingkatkan hingga mencapai kapasitas 40 juta penumpang per tahun.

Saat ini jumlah penumpang bandara Kualanamu berkisar 8 sampai 11 juta penumpang per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com