Jualan Produk UKM, Sarinah Bukukan Penjualan Rp 400 Miliar

Kompas.com - 10/02/2020, 22:00 WIB
Plang ikonik Sarinah. KOMPAS.com/Vitorio MantaleanPlang ikonik Sarinah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarinah membukukan total penjualan produk UKM menyentuh angka Rp 400 miliar sepanjang 2019, dengan margin atau keuntungan sekitar Rp 80 miliar.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, mengatakan perseroan pihaknya juga telah melakukan ekspor produk UMKM dengan saat ini nilai ekspor baru mencapai 1,5 juta dollar AS.

Saat ini produk furnitur menjadi produk yang paling banyak di ekspor di negara-negara Eropa seperti Spanyol dan Jerman.

"Kami di Sarinah mulai lakukan itu, jadi nilainya baru 1,5 juta dolar AS,"  ucapnya, Senin (10/2/2020).

Baca juga: Juni 2020, Sarinah Resmi Jual Produk UMKM Dalam Negeri

Saat ini Sarinah berupaya untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Gusti mengklaim saat ini sudah 70 persen produk yang dijual oleh perseroan merupakan produk UKM.

"Tentu akan kita kami tingkatkan (komposisi) produk UKM di Sarinah. Saat ini sekitar 30 persen masih produk non-UKM yang dijual di Sarinah," ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun produk UKM yang dijual di Sarinah merupakan kurasi dari SMESCO, dan Rumah Kreasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia menargetkan secara bertahap seluruh Sarinah akan menjadi etalase produk UKM. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.