Dibayangi Virus Corona, Rupiah Mencoba Bangkit

Kompas.com - 11/02/2020, 09:31 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Selasa (11/2/2020) menguat.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 09.02 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.675 per dollar AS, menguat 0,19 persen dibandingkan penutupan Senin Rp 13.711 per dollar AS.

Sementara Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, saat ini pasar masih dibayangi oleh kekhawatiran wabah virus corona dengan terus bertambahnya jumlah orang yang terinfeksi dan yang meninggal akibat virus ini.

Baca juga: Korban Meninggal Virus Corona Bertambah, Rupiah Makin Tertekan

"Bertambahnya orang yang terinfeksi dan meninggal akibat virus ini (corona), berpotensi menekan rupiah," kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menyebut, di sisi lain tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS yang turun lagi di bawah 1,6 persen bakal menjadi sentimen positif bagi pergerakan rupiah hari ini.

"Obligasi AS yang turun dibawah 1,6 persen bisa menahan pelemahan rupiah dan mungkin mendorong penguatan rupiah terhadap dollar AS," jelasnya

Ariston memproyeksikan rupiah hari inj akan bergerak pada kisaran Rp 13.670 per dollar AS sampai dengan Rp 13.720 per dollar AS.

Baca juga: BI Ungkap Virus Corona Pengaruhi Stabilitas Rupiah dan Aliran Modal Asing



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X