Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong UKM Naik Kelas, Smesco Indonesia dan Telkom Kembangkan Paltform Digital

Kompas.com - 11/02/2020, 15:02 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, bersinergi untuk mengembangkan platform digital untuk mendorong UKM naik kelas.

Executive Vice President Business Service Telkom, Indrawan Ditapradana mengatakan rencana itu tercetus setelah pihaknya melakukan pertemuan dengan Menkop dan UKM Teten Masduki untuk membahas sinergitas antara Kemenkop dan UKM, Smesco Indonesia dan Telkom dalam rangka pembinaan dan perencanaan UKM.

"Ini pertemuan untuk sinergi Kemenkop dan UKM, Telkom dan Smesco Indonesia untuk perencanaan pembinaan UKM dan memajukan UKM Indonesia," ujar Executive Vice President Business Service Telkom, Indrawan Ditapradana, di Kemenkop UKM Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: UMKM Didorong Naik Kelas Agar Bisa Kurangi Gap dengan Pelaku Usaha Besar

Menurutnya, Telkom sebagai salah satu perusahaan BUMN akan mewujudkan kerjasama tersebut melalui penyediaan IT Service karena pembinaan UKM modern tidak akan lepas dari peran IT.

"Peran Telkom sebagai salah satu perusahaan BUMN yang melayani IT service kita membina para UKM agar tidak lepas dari peran IT seperti melalui go modern, go digital dan go online," jelasnya.

Untuk merealisasikan rencana ini Indrawan mengatakan tidak ada investasi khusus yang akan dikeluarkan hanya saja sistem pembiayaan dalam pengadaan perangkat software ataupun hardware dalam pembuatan platform digital ini nantinya akan dikerjakan bersama-sama.

"Investasi khusus nggak ada tapi program rutin yang kita lakukan akan kita kolaborasikan, nanti kita set up kerjasamanya yang mungkin dibiayai bersama," katanya.

Sementara itu Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengakui Kemenkop dan UKM memiliki tugas besar dalam mewujudkan UKM naik kelas. Salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai hal itu dapat dilakukan melalui sentuhan high technology.

"Kemenkop punya tugas besar agar UKM naik kelas. Upaya untuk mewujudkannya yang efektif adalah low touch, dengan sentuhan hi tech," ujarnya.

Leo mengatakan, upaya digitalisasi UMKM sangat penting karena jumlah pelaku usaha mikro yang sangat banyak. Sehingga pendekatan masif dengan digitalisasi akan dilakukan. Menurutnya, Platform baru yang dibuat, akan menjadikan UMKM naik kelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com