Dorong UKM Naik Kelas, Smesco Indonesia dan Telkom Kembangkan Paltform Digital

Kompas.com - 11/02/2020, 15:02 WIB
Menkop dan UKM Teten Masduki bersama Executive danDirektur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata di Jakarta, Selasa (11/2/2020).  Vice President Business Service Telkom Indrawan Ditapradana Humas KemenkopMenkop dan UKM Teten Masduki bersama Executive danDirektur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata di Jakarta, Selasa (11/2/2020). Vice President Business Service Telkom Indrawan Ditapradana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, bersinergi untuk mengembangkan platform digital untuk mendorong UKM naik kelas.

Executive Vice President Business Service Telkom, Indrawan Ditapradana mengatakan rencana itu tercetus setelah pihaknya melakukan pertemuan dengan Menkop dan UKM Teten Masduki untuk membahas sinergitas antara Kemenkop dan UKM, Smesco Indonesia dan Telkom dalam rangka pembinaan dan perencanaan UKM.

"Ini pertemuan untuk sinergi Kemenkop dan UKM, Telkom dan Smesco Indonesia untuk perencanaan pembinaan UKM dan memajukan UKM Indonesia," ujar Executive Vice President Business Service Telkom, Indrawan Ditapradana, di Kemenkop UKM Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: UMKM Didorong Naik Kelas Agar Bisa Kurangi Gap dengan Pelaku Usaha Besar

Menurutnya, Telkom sebagai salah satu perusahaan BUMN akan mewujudkan kerjasama tersebut melalui penyediaan IT Service karena pembinaan UKM modern tidak akan lepas dari peran IT.

"Peran Telkom sebagai salah satu perusahaan BUMN yang melayani IT service kita membina para UKM agar tidak lepas dari peran IT seperti melalui go modern, go digital dan go online," jelasnya.

Untuk merealisasikan rencana ini Indrawan mengatakan tidak ada investasi khusus yang akan dikeluarkan hanya saja sistem pembiayaan dalam pengadaan perangkat software ataupun hardware dalam pembuatan platform digital ini nantinya akan dikerjakan bersama-sama.

"Investasi khusus nggak ada tapi program rutin yang kita lakukan akan kita kolaborasikan, nanti kita set up kerjasamanya yang mungkin dibiayai bersama," katanya.

Sementara itu Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengakui Kemenkop dan UKM memiliki tugas besar dalam mewujudkan UKM naik kelas. Salah satu cara yang paling efektif untuk mencapai hal itu dapat dilakukan melalui sentuhan high technology.

"Kemenkop punya tugas besar agar UKM naik kelas. Upaya untuk mewujudkannya yang efektif adalah low touch, dengan sentuhan hi tech," ujarnya.

Leo mengatakan, upaya digitalisasi UMKM sangat penting karena jumlah pelaku usaha mikro yang sangat banyak. Sehingga pendekatan masif dengan digitalisasi akan dilakukan. Menurutnya, Platform baru yang dibuat, akan menjadikan UMKM naik kelas.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X