Bappenas: Belum Ada Ibu Kota Negara Pindah Antar-Pulau kecuali Indonesia

Kompas.com - 11/02/2020, 21:50 WIB
Foto aerial kawasan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara. dok BBC IndonesiaFoto aerial kawasan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur, mendapat sorotan dari berbagai negara luar.

Menurut  dia, belum ada ibu kota yang dipindah dari satu pulau ke pulau lain, kecuali di Indonesia.

"Ini yang pertama kali. Karena itu, hampir seluruh mata dunia ke Indonesia, apakah Indonesia mampu untuk memindahkan ibu kotanya, apakah hal-hal yang berkaitan dengan environmental friendly dan low carbon development masuk di dalamnya," katanya di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: Bappenas: Ibu Kota Baru Akan Dibangun Layaknya Manhattan

Oleh sebab itu, sebelum pembangunan ibu kota baru, dibutuhkan saran dan pendapat dari berbagai institusi. Untuk it, Bappenas mengadakan dialog seputar IKN untuk mematangkan konsep desain pembangunan.

"Banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup yang menjadi bagian utama dan bahkan menjadi mainstream dalam menyusun masterplan dan detailed plan untuk IKN," ujarnya.

Dia berharap, konsep ibu kota baru tersebut bisa menjadi contoh bagi negara lain. Apalagi nantinya, ibu kota baru akan menggunakan energi ramah lingkungan (green energy).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.