Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bappenas: Belum Ada Ibu Kota Negara Pindah Antar-Pulau kecuali Indonesia

Kompas.com - 11/02/2020, 21:50 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur, mendapat sorotan dari berbagai negara luar.

Menurut  dia, belum ada ibu kota yang dipindah dari satu pulau ke pulau lain, kecuali di Indonesia.

"Ini yang pertama kali. Karena itu, hampir seluruh mata dunia ke Indonesia, apakah Indonesia mampu untuk memindahkan ibu kotanya, apakah hal-hal yang berkaitan dengan environmental friendly dan low carbon development masuk di dalamnya," katanya di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: Bappenas: Ibu Kota Baru Akan Dibangun Layaknya Manhattan

Oleh sebab itu, sebelum pembangunan ibu kota baru, dibutuhkan saran dan pendapat dari berbagai institusi. Untuk it, Bappenas mengadakan dialog seputar IKN untuk mematangkan konsep desain pembangunan.

"Banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup yang menjadi bagian utama dan bahkan menjadi mainstream dalam menyusun masterplan dan detailed plan untuk IKN," ujarnya.

Dia berharap, konsep ibu kota baru tersebut bisa menjadi contoh bagi negara lain. Apalagi nantinya, ibu kota baru akan menggunakan energi ramah lingkungan (green energy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com