Laba Kantor Bank Mandiri Luar Negeri Capai Rp 1,3 Triliun Selama 2019

Kompas.com - 12/02/2020, 08:26 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. Rafapress/SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Mandiri.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berhasil mencatat laba bersih kantor luar negeri (KLN) hingga 92,62 juta dollar AS atau sebesar Rp 1,3 triliun selama 2019.

Laba ini bisa dicapai Bank Mandiri meski banyak negara menghadapi ketidakpastian global antara lain perang dagang AS-China dan fenomena keluarnya Inggris dari Uni Eropa (British Exit/Brexit).

Direktur Treasury, International Banking & Special Asset Management Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, perolehan tersebut merupakan kontribusi laba terbesar dalam 5 tahun terakhir dengan rerata pertumbuhan per tahun sebesar 25 persen.

Baca juga: Kekhawatiran Wamen BUMN soal Rencana Pertamina Bangun Kilang Minyak Rp 800 Triliun

Pendapatan jasa atau Fee Based Income pun naik menjadi 52,22 juta dollar AS atau sekitar Rp 731 miliar dari 11,67 juta dollar AS sejak 2015.

“Kinerja baik KLN Bank Mandiri dalam lima 5 tahun ini dicapai oleh berbagai unit kerja di kantor pusat maupun di antara KLN itu sendiri, tidak hanya melalui sinergi strategis dengan perusahaan anak," ujar Darmawan dalam siaran pers, Rabu (12/2/2020).

Adapun dalam mengeksekusi perluasan pasar, pihaknya mengklaim cukup percaya diri karena memiliki 2 perusahaan anak yang cukup kuat di pasar Singapura, yaitu Mandiri Securities Singapore dan Mandiri Investment Management Singapore.

Baca juga: Stafsus Menteri BUMN: Tugu Tol Disebut Mirip Palu Arit, Imajinasinya Terlalu Jauh

Tak hanya itu, dia bakal memperkuat bisnis kantor luar negeri dengan perluasan target pasar dan optimalisasi jaringan Bank Mandiri Group.

"Jika awalnya target pasar kami membantu pebisnis Tanah Air ke luar negeri, kini kami menyasar Indonesian Related Global Trading Company, Sindikasi global serta Supply Chain Indonesian Link customers, termasuk memfasilitasi aliran bisnis di negara dimana KLN Mandiri berada,” kata Darmawan.

Sebagai informasi, Bank Mandiri memiliki 7 KLN, antara lain di Malaysia, Singapura, Timor Leste, Hongkong, Tiongkok, Cayman Island dan UK.

Dari aspek risiko, KLN Bank Mandiri mampu menjaga kualitas aset produktif melalui upaya pemberian kredit secara selektif sehingga NPL dapat ditekan dari 1,42 persen pada 2015 menjadi 0,12 persen pada 2019.

Baca juga: Erick Thohir Mau Rombak Bos-bos di Tiga Bank BUMN



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X