Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Jerome Powell Bawa Angin Segar, Rupiah Diprediksi Menguat

Kompas.com - 12/02/2020, 08:51 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Rabu (12/1/2020) mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.11 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.658 atau menguat 17 poin sebesar 0,12 persen dibanding penutupan Selasa Rp 13.675 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pidato Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell yang menyatakan tak adanya tanda-tanda resesi, akan mendorong rupiah bergerak positif hari ini.

Baca juga: Kekhawatiran Wamen BUMN soal Rencana Pertamina Bangun Kilang Minyak Rp 800 Triliun

"Pernyataan Jerome Powell semalam bisa memberikan sentimen positif ke aset berisiko termasuk rupiah karena Ekonomi AS sebagai ekonomi terbesar di dunia dan masih kuat hingga saat ini," kata Ariston kepada Kompas.com.

Namun di sisi lain, masalah wabah virus corona masih membayangi pertumbuhan ekonomi global. Powell juga sempat menyatakan kekhawatirannya terhadap virus corona.

"Dalam analisisnya, virus corona bisa menekan laju pertumbuhan ekonomi global sebanyak 0,3 persen dan China sebesar 0,5 persen sampai 1 persen," kata Ariston.

Baca juga: Stafsus Menteri BUMN: Tugu Tol Disebut Mirip Palu Arit, Imajinasinya Terlalu Jauh

Selain Powell, penasihat keamanan gedung putih Robert O’brien juga menekankan dampak negatif virus corona terhadap implementasi kesepakatan dagang AS - China fase satu.

"Semua kejadian di atas bisa menekan rupiah sebagai aset berisiko. Namun, rupiah masih diuntungkan karena negara kita masih belum ada orang yang dinyatakan terinfeksi virus corona," tambahnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan berada pada kisaran Rp 13.630 per dollar AS sampai Rp 13.680 per dollar AS.

Baca juga: Erick Thohir Mau Rombak Bos-bos di Tiga Bank BUMN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com