Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gopay, OVO, Dana, LinkAja, Mana yang Paling Banyak Digunakan Konsumen?

Kompas.com - 12/02/2020, 14:26 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemanfaatan dompet digital telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari oleh generasi milenial.

Bahkan, studi yang dilakukan perusahaan riset pasar Ipsos menemukan, sebanyak 68 persen transaksi dengan dompet digital dilakukan oleh generasi milenial.

Research Director Customer Experience Ipsos Olivia Samosir, mengatakan dari keempat dompet digital terbesar, seperti GoPay, OVO, Dana dan LinkAja, tercatat GoPay menjadi dompet digital yang menjadi aplikasi dompet digital terpercaya dan paling banyak digunakan.

"Saat ini GoPay menjadi dompet digital yang paling tinggi diminati ada 58 persen peminatnya, sementara OVO 29 persen, Dana 9 persen dan LinkAja 4 persen," ujarnya di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Studi: 68 Persen Pengguna Dompet Digital adalah Milenial

Olivia menjelaskan, berdasarkan studi Ipsos, pangsa pasar Gopay terhadap keseluruhan pangsa pasar dompet digital mencapai 60 persen. Adapun persentase pengguna yang memakai Gopay secara berulang mencapai 53 persen.

Di samping itu, sebanyak 55 persen responden memilih Gopay sebagai dompet digital pilihan utama mereka.

Untuk OVO, jumlah pengguna yang menggunakan secara berulang tercatat ada 53 persen dan pengguna yang memilih OVO sebagai pilihan utama sebesar 28 persen.

"Dana dan LinkAja ini baru kan. Kalau Dana pengguna yang menggunakan secara berulang-ulang itu sebesar 11 persen dan memilih sebagai pilihan utama ada 11 persen juga. Nah, kalau LinkAja ini kalau enggak salah T-Cash dulunya, jumlah pengguna yang menggunakan secara berulang-ulang dan memilih LinkAja sebagai pilihan utama itu ada 6 persen," jelasnya.

Baca juga: Gojek Bakal Ekspansi Bisnis GoFood dan GoPay

Sementara itu Managing Director Gopay Budi Gandasoebrata mengatakan, sejak awal berdirinya, pihaknya tidak mengutamakan promosi sebagai strategi utama.

Namun demikian, Gopay terus mengupayakan untuk memenuhi permintaan para penggunanya.

"Sejak awal kita berdiri, promosi bukan menjadi strategi utama kita, namun kita terus senantiasa mengembangkan layanan berkualitas dan customer experience yang aman, mudah dan praktis. Kalaupun ada program promo kami buatnya promo yang strategis dan tepat sasaran," sebut Budi.

Strategi yang memberikan promo sesuai dengan permintaan konsumen, tepat sasaran dengan kebutuhan menjadi keunggulan GoPay.

Sehingga, penggunanya sejauh ini merasa semakin aman dan nyaman dan memilih GoPay sebagai aplikasi dompet digital yang mereka percaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com