Pemerintah Perkuat Keselamatan Pelayaran di Kawasan Wisata Bahari

Kompas.com - 12/02/2020, 14:45 WIB
Penandatanganan kerja sama terkait kemaritiman oleh Plt Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Purbaya Yudhi di Jakarta, Rabu (12/2/2020). Humas Kemenko Maritim dan InvestasiPenandatanganan kerja sama terkait kemaritiman oleh Plt Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Purbaya Yudhi di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemenko Maritim dan Investasi meneken dua Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait Kemaritiman. PKS tersebut mengenai Keselamatan Pelayaran dan Perlindungan Lingkungan Maritim, Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan dan Wisata Bahari.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kemenko Kemaritiman dan investasi Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan tujuan kerja sama ini adalah untuk mengharmonisasikan kebijakan terkait keselamatan pelayaran.

"Serta perlindungan lingkungan maritim serta pengelolaan kawasan konservasi perairan, taman nasional (laut), taman wisata alam (laut), dan wisata bahari bagi para pihak tersebut,” katanya di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Genjot Akurasi Pengiriman, Perusahaan Pelayaran Terapkan Digitalisasi

Purbaya menjelaskan, ruang lingkup dari dua PKS itu di antaranya meliputi pertukaran dan penggunaan data, hingga sinkronisasi perencanaan keselamatan pelayaran.  

“Kita tidak ingin kejadian kecelakaan kapal yang menabrak terumbu karang di Raja Ampat terulang kembali sebagaimana kejadian baru-baru ini oleh Kapal Pesiar Aqua Blu dan kapal KLM Lamima. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi di kemudian hari, saat ini kita sedang membuat alur navigasi dan peta laut di Kawasan Konservasi Laut Raja Ampat,” ujarnya.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X