Dompet Digital Tak Lagi Bakar Duit, Apa Dampaknya ke Konsumen?

Kompas.com - 12/02/2020, 17:18 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya e-wallet atau dompet digital yang aman, nyaman dan tidak ribet membuat pemakai merasa semakin dimanjakan.

Apalagi sejak pertama kali muncul, beberapa dompet digital memberlakukan kebijakan bakar duit atau memberikan promo yang gila-gilaan yang terbilang cukup besar.

Namun baru-baru ini beberapa merek dompet digital seperti GoPay, Dana, OVO dan LinkAja tidak lagi memberikan promo sebesar dari promo sebelumnya.

Baca juga: Bakar Uang Generasi Milenial dengan Baby Boomers, Apa Bedanya?

Research Director Customer Experience Ipsos Indonesia Olivia Samosir mengatakan, dalam penelitiannya, kebijakan bakar uang tidak lagi efektif untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dalam jangka waktu yang panjang.

"Dulu banyak dompet digital yang memberikan promo yang lumayan besar tapi dalam penelitian kami mengatakan tanpa promo juga banyak kok yang masih tetap menggunakan dompet digital," ujarnya di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Olivia memaparkan, orang-orang akan tetap melakukan transaksi tanpa promo. Sebanyak 36 persen orang tetap melakukan pembayaran jasa transportasi online walaupun tanpa promo.

Adapun sebanyak 29 persen tetap melakukan pembelian makan dan minuman, 14 persen tetap melakukan pembayaran di merchant dan 5 persen tetap melakukan transaksi pembayaran tagihan dan pajak.

Baca juga: Rhenald Kasali: Sistem Bakar Uang Startup Sesuatu yang Sangat Wajar

Sementara dari keempat merek dompet digital yang ada, GoPay yang memiliki tingkat organic user terbanyak dan tetap memilih untuk terus bertransaksi melalui aplikasi GoPay walaupun tidak ada promo.

"Kalau dari data yang kita dapat jumlah organic user GoPay itu 54 persen yang tetap memilih GoPay walaupun enggak ada promonya, OVO 29 persen, Dana 11 persen dan LinkAja 6 persen," jelasnya.

Bahkan dalam penelitian tersebut dikatakan Olivia, GoPay adalah salah satu merek yang dianggap para customer tidak bisa hidup tanpanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X