Industri Wisata di Gili Trawangan Tak Lagi Khawatirkan Pasokan Listrik

Kompas.com - 12/02/2020, 19:00 WIB
Pemasangan kabel laut untuk memasok listrik di Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, Lombok, NTB dok PLNPemasangan kabel laut untuk memasok listrik di Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, Lombok, NTB

MATARAM, KOMPAS.com - Pelaku industri wisata di tiga pulau (gili) yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air sudah tidak khawatir lagi dengan pasokan listrik. Ini menyusul digunakannya kabel laut untuk memasok listrik di tiga kawasan wisata tersebut.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh General Manager Hotel Vila Ombak Gili Trawangan I Gusti Ngurah ARya Wirawan, Rabu (12/2/2020).

Menurut dia, pasokan listrik sudah tidak ada gangguan lagi belakangan ini. Hal ini jauh berbeda dari beberapa tahun sebelumnya.

"Tidak ada lagi byar pet, dan kami bisa melayani tamu yang berkunjung tanpa ada kekhawatiran gangguan listrik," ujarnya.

Baca juga: PLN Sudah Siap Pasok Listrik untuk MotoGP Mandalika, Ini yang Dilakukan

Sementara itu, Senior Manager Perencanaan PLN Unit Induk Wilayah NTB, Arsyadani Ghana Akmala Putri menuturkan untuk menjamin pasokan di tiga kawasan wisata tersebut, PLN telah memasang kabel laut 20 kilo-volt sepanjang 18,8 kilometer.

Kabel yang dibangun tersebut membuat kapasitas pasokan listrik di tiga gili terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 2014, beban listrik di kawasan tersebut mencapai 2 Megawatt (MW), namun meningkat menjadi 4 MW pada tahun 2017. Pada akhir tahun 2019, beban kembali meningkat menjadi 5 MW. 

“Awalnya listriknya menggunakan PLTD yang ada di setiap gili, namun karena pertumbuhan kebutuhannya selalu meningkat maka kami sambungkan dengan kabel laut ke Pulau Lombok agar lebih andal,” ucap Arsyadani. 

“Dengan kapasitas yang besar, investor tentu tidak khawatir dengan ketersediaan listrik di Kawasan Tiga Gili,” lanjut Arsya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X