Sentimen Virus Corona Mereda, Rupiah Dibuka Menguat Tipis

Kompas.com - 13/02/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Kamis (13/2/2020) mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg, pada pukul 8.53 WIB rupiah dibuka pada level Rp 13.672 atau menguat tipis 2 poin sebesar 0,01 persen dibanding penutupan Rabu Rp 13.670 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sejauh ini kekhawatiran pasar terhadap wabah virus corona sudah berkurang.

"Kekhawatiran pasar terhadap virus corona sudah berkurang karena laporan jumlah orang (baru) yang terinfeksi menurun," kata Ariston kepada Kompas.com.

Sementara itu, Ariston menyebut nilai dari aset berisiko, diprediksi bakal menguat pagi ini. Sehingga mendorong rupiah bergerak positif.

"Nilai aset beresiko mungkin bisa mendukung penguatan rupiah lagi hari ini," jelasnya.

Namun demikian pasar masih tetap mewaspadai setiap perkembangan yang terjadi. Apalagi jumlah kematian terus bertambah dan penyebaran di luar China juga bertambah, seperti di Singapura dan lainnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.640 per dollar AS sampai dengan Rp 13.700 per dollar AS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X