Gunung Merapi Erupsi, Kemenhub: Rute dan Jadwal Penerbangan Masih Normal

Kompas.com - 13/02/2020, 12:31 WIB
Dirjen Perhubungan Kemenhub Novie Riyanto Kompas.com/YOGA SUKMANADirjen Perhubungan Kemenhub Novie Riyanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan rute penerbangan yang melewati Gunung Merapi, Jawa Tengah, masih berjalan dengan normal pasca terjadinya erupsi pada pagi hari ini, Kamis (13/2/2020).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto membenarkan bahwa telah terjadi erupsi di Gunung Merapi.

Pihaknya pun sudah mengumpulkan berbagai informasi terkait dampak dari erupsi tersebut, seperti contoh abu vulkanik yang dapat mengganggu penerbangan.

"Gunung Merapi betul terjadi letusan. Ada abu vulkanik di daerah tertentu. Penerbangan aware terhadap hal itu," ujar dia.

Baca juga: Gunung Merapi Meletus dengan Tinggi Kolom 2.000 Meter

Mantan Direktur Utama Airnav itu menambah, pihaknya sudah mengumpulkan data dari BMKG terkait area abu vulkanik di wilayah erupsi.

"Kami juga kumpulkan data dari pilot report kalau dia lewat situ ada abu di daerah mana saja. Kemudian lakukan tes di bandara menggunakan paper test untuk melihat apakah ada abu yang masuk ke bandara," tuturnya.

Berdasarkan data-data tersebut, Kemenhub memastikan bahwa penerbangan yang melintasi atau berada di sekitar Gunung Merapi masih aman.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Kemenhub Larang Maskapai Nasional Terbang ke Wuhan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X