62.000 Ton Bawang Putih Impor dari China dan India Segera Masuk RI

Kompas.com - 13/02/2020, 18:32 WIB
Bawang putih impor asal China di Pasar Anyar Kota Tangerang, Rabu (12/2/2020) KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOBawang putih impor asal China di Pasar Anyar Kota Tangerang, Rabu (12/2/2020)
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan impor bawang putih sebanyak 62.000 ton dari China dan India akan segera masuk ke Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, Surat Perizinan Impor (SPI) bawang putih 62.000 ton tersebut akan segera diterbitkan.

Bawang putih impor ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasokan bawang putih di dalam negeri.

"Dalam proses, sudah ini kami proses. Yang baru masuk (usulan impor) dalam proses itu sekitar 62.000 dan akan segera terbit," ujar Oke di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Kamis (13/3/2019).

Baca juga: RI Akan Impor Bawang Putih 103.000 Ton dari China

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menerbitkan rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) untuk komoditas bawang putih. Total volume bawang putih yang diberikan rekomendasinya sebanyak 103.000 ton.

"(RIPH) 103.000 ton sudah diterbitkan Jumat kemarin," ujar Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto, Senin (10/2/2020).

Meski tak merinci berapa banyak perusahaan yang mendapatkan RIPH tersebut, tetapi Prihasto memastikan RIPH yang diberikan tengah diproses di Kementerian Perdagangan untuk mendapatkan persetujuan impor.

Lebih lanjut, Prihasto membeberkan, kebanyakan bawang putih yang akan diimpor berasal dari China. Dia pun mengatakan, impor bawang putih dari China diizinkan, mengingat dari hasil rapat terbatas yang dilakukan, tidak terdapat penularan virus corona melalui tanaman.

Baca juga: Dear Milenial, Ini Solusi Biaya Nikah yang Kian Mahal

Adapun lebih lanjut Oke menjelaskan izin impor yang baru diterbitkan untuk 62.000 ton bawang putih lantaran saat ini baru sebanyak itu persyaratan impor yang lengkap.

"Dari 103.000 sudah terbit. Kan yang baru masuk, yang lengkap, yang sudah itu. Sudah kita proses. Kalau lengkap. Jadi tergantung merekanya. Begitu lengkap kan sudah kita penuhi. Jadi sekarang yang sudah dinyatakan lengkap kurang lebih 62.000," ujar dia.

Sebelumnya, harga bawang putih mengalami lonjakan. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga bawang putih sampai Senin (10/2/2020) sudah mencapai Rp 55.300 per kg.

Tingginya harga karena pasokan bawang putih yang menipis. Saat ini diperkirakan masih terdapat stok bawang putih sebanyak 70.000 ton, yang diharapkan mencukupi kebutuhan hingga Maret 2020. Nantinya, RIPH yang diberikan pun untuk memenuhi kebutuhan bawang putih beberapa bulan berikutnya.

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN dan Anak Usahanya yang Masih Dibuka



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X