Pemerintah Tetap Impor Bawang Putih dari China, Ini 5 Faktanya

Kompas.com - 14/02/2020, 08:16 WIB
Melambungnya harga bawang putih di CIanjur, Jawa Barat disinyalir ulah spekulan yang mempermainkan harga dan imbas dari virus Corona KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANMelambungnya harga bawang putih di CIanjur, Jawa Barat disinyalir ulah spekulan yang mempermainkan harga dan imbas dari virus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah isu virus corona yang melanda sejumlah negara, pemerintah Indonesia justru berani mengambil keputusan untuk membuka keran impor bawang putih yang akan didatangkan dari China.

Pemerintah sebelumnya mempertimbangkan untuk menghentikan sementara barang impor dari China karena faktor virus corona.

Namun, saat rapat terbatas di Istana Negara beberapa waktu lalu, dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya cuma impor binatang hidup saja yang dilarang.

Baca juga: Pemerintah Buka Keran Impor Bawang Putih, Ini Kata KPPU

Lantaran, virus corona tersebut berasal dari binatang hidup. Maka, mulailah Pemerintah Indonesia gencar mengimpor, dimulai dari bawang putih yang diketahui stoknya mulai menipis berkisar 70.000 ton saja.

Padahal, kebutuhan konsumsi bawang putih per bulannya bisa mencapai 40.000 hingga 50.000 ton.

Seperti diketahui, China merupakan pemasok terbesar bawang putih ke Indonesia selama ini.

Kekhawatiran langkanya bawang putih membuat harga salah satu komoditas satu ini menjadi mahal di pasaran, yang mencapai Rp 80.000 per kilogram (kg) atau setara dengan harga daging.

Terutama di saat jelang bulan puasa, tentu saja komoditas bawang putih bakal laris manis dikonsumsi. Terutama bagi ibu rumah tangga.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi melambungnya harga bawang putih, maka pemerintah pun memutuskan impor.

Baca juga: Mentan: Tak Perlu Panik, Stok Bawang Putih Masih Mencukupi

Kompas.com telah merangkum sederet peristiwa impor bawang putih dan tanggapan dari Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) terkait hal tersebut disertai kritikan dari mereka.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X