Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Tabungan Emas Pegadaian Bakal Punya Gold Card, Apa Itu?

Kompas.com - 14/02/2020, 11:06 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) berencana bakal meluncurkan gold card pada sebelum bulan April 2020 alias kuartal I 2020. Produk gold card merupakan produk turunan dari tabungan emas.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto mengatakan, Pegadaian berkolaborasi dengan 3 bank himbara dan 1 bank swasta sebagai pilot project. Dia berharap sebelum April 2020, produk tersebut segera meluncur ke pasaran.

"Ini prototype-nya sudah ada di saya model gold card-nya seperti apa. Kita nanti me-launching kira-kira sebelum April, namanya gold card," kata Kuswiyoto di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Baca juga: Nasabah Milenial Dominasi Tabungan Emas Pegadaian

Karena merupakan produk turunan dari tabungan emas, Kuswiyoto menuturkan gold card bakal ditawarkan bagi pemilik tabungan emas di Pegadaian.

Nantinya, sistem kerja gold card sama dengan kartu kredit perbankan, yang memungkinkan pemilik untuk berbelanja di merchant-merchant tertentu dan tarik tunai di ATM.

"Jadi tidak akan rugi masyarakat yang memiliki tabungan emas karena seakan-akan bisa memiliki simpanan rupiah di bank. Boleh belanja, boleh narik uang, dan lain-lain," ujar Kuswiyoto.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Pegadaian, Ninis Kesuma Adriani menambahkan, jaminan limit setiap orang berbeda-beda, mengacu pada saldo emas di tabungan emas nasabah.

Gold card juga memungkinkan nasabah mengatur limit penggunaan, agar saldo tabungan emas tetap terjaga. Ninis mengaku, saat ini memang belum ditentukan kriteria besaran emas yang bisa digunakan.

"Saat ini memang belum ditentukan kriteria berapa banyak emas yang bisa digunakan sebagai underlying," ucapnya.

Baca juga: Pegadaian Mau Tambah Pemasaran Digital, Sudah 3 Startup Antre

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com