Tekan Angka Pengangguran, Citi Latih Generasi Muda di Bekasi

Kompas.com - 14/02/2020, 11:31 WIB
Ilustrasi Pemuda SHUTTERSTOCKIlustrasi Pemuda

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengangguran muda masih menjadi salah satu isu sosial utama di Indonesia.

Temuan BPS (2019) menyatakan, dari keseluruhan 7,05 juta penduduk menganggur, sekitar 3,98 juta di antaranya berumur 15-24 tahun. Angka usia ini tergolong kelompok usia yang sangat produktif.

Untuk mengantisipasi situasi tersebut, Indonesia Business Links (IBL) bersama Citi Indonesia (Citibank) menyelenggarakan Program Skilled Youth. Program ini untuk membekali kemandirian finansial kepada generasi muda Indonesia, yang tahun ini menargetkan keseluruhan 1.000 peserta di lima wilayah.

Baca juga: Core: Pengangguran Harus Diberi Lapangan Kerja, Bukan Hanya Bantuan

Khususnya di Kota Bekasi, program ini menetapkan keterlibatan lebih dari 300 orang generasi muda.

“Sesuai dengan misi dari Citi yaitu enabling growth and economic progress, kami memberikan perhatian penting terhadap generasi muda melalui program sosial kemasyarakatan yang kami jalankan," ujar Ananta Wisesa, Head of External Communications Citi Indonesia dalam keterangannya, Jumat (14/2/2020).

"Melalui Program Skilled Youth ini, kami berharap akan semakin banyak generasi muda yang dapat menerima manfaat dari program yang diikuti, sehingga dapat meningkatkan peluang ketenagakerjaan serta keahlian kewirausahaan bagi mereka yang memilih untuk sukses di jalur ini," imbuh Ananta.

Program Skilled Youth di Kota Bekasi akan merangkul kalangan muda dengan menghadirkan rangkaian aktivitas secara terencana, yang meliputi literasi finansial, penguatan karakter dan perilaku, pelatihan keterampilan teknis dan kewirausahaan, serta pendampingan pencarian kerja dan mentoring usaha.

Baca juga: Ini Target Penurunan Angka Pengangguran Pada 2020

Pelaksanaan program juga melibatkan berbagai pihak, antara lain lembaga pelatihan, pemerintah, pelaku bisnis lokal, dan komunitas, guna menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pemberdayaan generasi muda.

Dalam laporan “Kota Bekasi dalam Angka 2019” disebutkan, dari 1.458.231 angkatan kerja, sejumlah 132.278 menganggur.

Data BPS juga memperlihatkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Bekasi menurun 0,84 persen, dari 9,07 persen (2018) menjadi 8,23 persen (2019). Meski demikian, rasio ini masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata TPT Provinsi Jawa Barat yang mencapai 7,99 persen.

Program Skilled Youth akan menjalin kerja sama dengan lima pemerintah daerah: Kotamadya dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, serta Kabupaten Bandung.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X