Ini 4 Klasifikasi Resepsi Pernikahan Berdasarkan Nominal Bujet

Kompas.com - 14/02/2020, 16:02 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada empat klasifikasi resepsi pernikahan yang umum digelar berdasarkan nominal bujetnya.

Menurut survei Bridestory Indonesia Wedding Industry, empat kategori tersebut adalah affordable, moderate, premium, dan luxurious.

Klasifikasi tersebut juga didasarkan pada kisaran tamu undangan mulai dari 50 pax sampai 1.000 pax.

Baca juga: Dapat Bonus Tahunan? Gunakan Uangnya untuk 4 Hal Ini

Untuk kategori affordable, biaya yang diperlukan adalah Rp 20 juta sampai dengan Rp 400 juta. Untuk kategori moderate berkisar Rp 40 juta sampai dengan Rp 800 juta.

Sementara untuk kategori premium adalah Rp 100 juta sampai dengan Rp 2 miliar. Untuk kategori luxurious, berkisar Rp 350 juta sampai dengan Rp 7 miliar.

Mahalnya kategori luxurius ini karena pernikahan yang digelar di luar kota atau luar negeri. Selain itu dalam resepsi juga mengundang selebritis sebagai pengisi acara, dan menggunakan jasa vendor premium.

Baca juga: Tips Menyiapkan Bujet Biar Bisa Wujudkan Pernikahan Impian

Senior Manager Business Development Sequis Life, Yan Ardhianto Handoyo mengatakan dari 4 kategori tersebut, kisaran angka yang dianggap wajar untuk pesta pernikahan tergantung dari jumlah tamu yang diundang.

"Kisaran angka yang dianggap wajar juga berdasarkan kemewahan acara, tipe pesta pernikahan yang diimpikan, pemilihan lokasi serta pilihan jenis hidangan (catering)," kata Yan melalui siaran pers, Kamis (13/2/2020).

Namun, sebagai panduan membuat bujet Yan menyarankan pembagian 40 persen biaya konsumsi (Food and Beverage), 20 persen biaya dekorasi, 5 persen untuk biaya akad nikah/pemberkatan pernikahan.

Sementara itu, untuk biaya pakaian dan venue masing - masing 8 persen, untuk dokumentasi, sovenir dan undangan masing-masing 3 persen. Sementara biaya lainnya 5 persen.

Baca juga: Kenali Faktor yang Bikin Biaya Nikah Menjadi Melonjak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.