Ini Tips Gojek Bagi Startup yang Ingin Tumbuh Menjadi Perusahaan Besar

Kompas.com - 15/02/2020, 06:30 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek kembali melaksanakan Gojek Xcelerate, yakni program pelatihan dan pengembangan untuk perusahaan perintis atau startup dalam negeri.

Chief Marketing Officer Gojek Ainul Yaqin mengatakan, setidaknya ada tiga aspek yang perlu dikembangkan startup agar mampu berkembang menjadi perusahaan besar.

"Pertama human aspect, kedua technical aspect, ketiga business aspect," kata dia di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Baca juga: Pegadaian Mau Tambah Pemasaran Digital, Sudah 3 Startup Antre

Menurutnya, ketiga aspek tersebut dapat diimplementasikan dengan satu langkah saja. Yakni, membentuk visi dan misi perusahaan yang jelas.

Sebab, dengan adanya visi dan misi yang jelas perusahaan akan mampu menciptakan suatu lingkungan kerja yang terkoneksi dengan baik diantara pekerjanya.

"Alasan saya tertarik untuk bergabung dengan Gojek, ketika saya melihat visi dan misinya memberikan positive impact to the country. Itu sangat menarik," ujar dia.

Selain itu, dengan adanya visi dan misi, perusahaan juga akan bergerak ke arah yang lebih jelas.

"Ketika kita kerja, lalu mengalami kesulitan, visi dan misi itu lah yang akan terus mengingatkan kita," katanya.

Ainul menambahkan, kesempatan startup untuk tumbuh semaki tinggi setiap tahunnya. Hal ini sejalan dengan semakin tingginya angka penetrasi dan penggunaan internet di Indonesia.

"Semakin banyak orang spend waktu di dalam internet maka semakin besar opportunity lead into business opportunities," ucapnya.

Kendati demikian, Ainul mengingatkan kepada startup untuk segera mengeksekusi dan mengembangkan ide bisnis mereka. Sebab, perkembangan zaman bergerak dengan cepat.

"Tetapi tentu saja ada tantangan, kesempatan berubah lebih cepat. Kalau tidak jeli melihat peluang akan ketinggalan," ucapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X