Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Batik Air yang Jalankan "Misi Corona" Kerap Lakukan Misi Kemanusiaan

Kompas.com - 15/02/2020, 22:00 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilot Batik Air yang turut dalam evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China ke Indonesia, Destyo Usodo rupanya sudah beberapa kali melakukan misi kemanusiaan.

Namun, Destyo mengaku misi kemanusiaan virus corona inilah yang paling berkesan dalam hidupnya.

"Jadi sudah beberapa kali, tapi ini yang berkesan," kata Destyo Usodo di Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: Kru Batik Air Sempat Kaget karena Harus Ikut Masa Observasi 14 Hari di Natuna

Destyo bercerita, setidaknya dia sudah 3 kali melakukan misi kemanusiaan selain mengevakuasi WNI dari Wuhan, China akibat virus corona.

Dua misi kemanusiaan lainnya adalah misi kemanusiaan di Timor Leste hingga misi kemanusiaan saat kerusuhan 1998-1999 di Banjarmasin Balikpapan dan Ambon.

"Sudah beberapa kali sebelumnya. Di perusahaan saya dulu pernah ikut misi kemanusiaan WNI di Timor Leste. Saya join di Lion Grup dari 2003, saya pindah-pindah perusahaan di Lion Grup dan masuk Batik lagi November 2019, ini pertama di Lion Grup," cerita Destyo.

Destyo mengaku bangga karena dia dan belasan awak kabin lainnya ditunjuk oleh perusahaan misi kemanusiaan ini, meski tidak ada jadwal penerbangan ke Wuhan.

Selain itu, dia merasa WNI di Wuhan merupakan saudara-saudara warga Indonesia sehingga perlu diperhatikan pula.

"18 orang ini terus terang bangga, 18 orang ini orang yang dipilih perusahaan menjalankan misi kemanusiaan ini, kami salah satu yang beruntung. Tentunya kita bekerja sesuai SOP ataupun manual yang ditetapkan perusahaan," ungkapnya.

Sebagai informasi, WNI yang telah dievakuasi dari Wuhan, China telah kembali ke Jakarta pada Sabtu (15/2/2020). WNI berserta awak pesawat yang turut serta dalam evakuasi tersebut dipulangkan usai melangsungkan masa observasi di Natuna selama 14 hari.

Sebelum pemulangan, mereka telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan terakhir pada Sabtu pagi. Hasilnya, para WNI dan awak pesawat dinyatakan sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com