Bulan Depan Beroperasi, Menhub Minta Transportasi dari dan ke Bandara Internasional Yogyakarta Dioptimalkan

Kompas.com - 18/02/2020, 10:33 WIB
Shuttle bus dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Satelqu. Dokumentasi SatelquShuttle bus dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Satelqu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada seluruh stake holders terkait transportasi Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) untuk mempersiapkan dengan baik ketersediaan transportasi lanjutan dari dan ke Bandara.

Pasalnya, bandara ini akan mulai beroperasi penuh pada akhir Maret 2020.

Menurut Budi, transportasi umum dalam hal ini PT Kereta Api Indonesia dan Perum Damri, menjadi penting untuk aksebilitas ke bandara tersebut. Sebab, jalan tol sebagai penghubung ke bandara belum rampung.

“Saat ini jalan tol belum jadi dan kereta api langsung ke bandara juga belum ada, maka saya minta kepada dua instansi yaitu PT KAI dan Damri untuk mempersiapkan transportasi dari dan ke YIA dengan baik,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/2/2020).

Baca juga: Bandara YIA Beroperasi 29 Maret, Kemenhub Beri Subsidi Tarif Damri di Dua Shelter ini

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu meminta kepada KAI untuk mempersiapkan kereta dengan waktu tunggu antar kedatangan (headway) setiap satu jam dari Stasiun Tugu ke Stasiun Wojo maupun sebaliknya.

“Setiap satu jam ada yang berangkat dari Tugu ke Wojo. Nanti penumpang yang turun dari Wojo bisa menggunakan Damri menuju YIA. Kira-kira waktu perjalanan dari Stasiun Tugu sampai ke YIA totalnya 45 menit sampai 1 jam,” tuturnya.

Selain itu, Budi juga meminta Damri untuk menyiapkan armada di beberapa titik seperti Jogja City Mall, Hartono Mall, serta Universitas Gajah Mada yang akan diberangkatkan setiap 30 menit sekali.

Hingga saat ini, kesiapan Bandara YIA Kulonprogo sudah mencapai 98 persen untuk menyambut perpindahan seluruh aktivitas penerbangan dari Bandara Adisutjipto, kecuali penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeller/baling-baling, serta penerbangan VIP menggunakan pesawat jet pribadi.

Sebagai informasi, Kemenhub telah memberikan subsidi tarif untuk Bus Damri dari dan menuju YIA di 2 (dua) shelter Damri yaitu dari Shelter Sleman City Hall dan Hartono Mall dengan tarif Rp 25.000.

Sementara, pada rute YIA -Shelter Malioboro, berlaku tarif komersial sebesar Rp 70.000.

Baca juga: Ini Kata Menhub Soal Wewenang Penerbitan SIM, STNK dan BPKB dari Polri

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X