Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Sehari-hari, Bayar Pakai Kartu Kredit, Kartu Debit, atau Tunai?

Kompas.com - 18/02/2020, 11:12 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com -  Dengan banyaknya promo, diskon, atau cashback, kartu kredit mungkin menjadi pilihan saat membayar untuk belanja sehari-hari.

Nah sebenarnya, mana yang lebih baik untuk belanja sehari-hari, menggunakan kartu kredit, debit, atau tunai?

Melansir CNBC, Selasa (18/2/2020), Rod Griffin Direktur senior pendidikan konsumen dan advokasi Experian mengatakan,  dalam menggunakan kartu kredit untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari, ada faktor yang perlu Anda pertimbangkan, antara lain:

Baca juga: Butuh Duit Mendesak, Sebaiknya Tarik Tunai Kartu Kredit atau Pinjam Online?

1. Kapan menggunakan kartu kredit

Dengan semua fasilitas dan promo yang diberikan kartu kredit, menggunakan kartu kredit bisa menjadi keputusan yang sehat secara finansial.

Dengan kartu kredit, Anda mendapatkan beberapa manfaat yang tidak diperoleh dengan uang tunai atau kartu debit.

Tetapi menggunakan kartu kredit juga bergantung pada kemampuan Anda.

“Pertanyaan yang selalu muncul seperti, 'Apakah kartu kredit sebagai sumber pendapatan tambahan?' Atau, 'Apakah kartu kredit sebagai cara untuk mengambil keuntungan dari peluang keuangan lainnya?,'" kata Rod.

Ia mencontohkan, menggunakan kartu kredit saat pengisian bahan bakar atau belanja di supermarket, mungkin bisa mendapat poin.

Namun tentunya Anda harus bergegas untuk melunasi tagihan tersebut pada akhir bulan. Jika terlambat, Anda justru akan mendapatkan beban baru akibat bunga.

"Jika Anda menggunakan kartu kredit sebagai alat keuangan dan tidak mengambil utang, itu bisa menjadi keputusan yang menguntungkan secara finansial," sebutnya.

Selama Anda membayar tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulan (dengan demikian Anda tidak membayar bunga atau biaya tambahan), maka Anda memanfaatkan kartu kredit sebagai alat untuk membantu finansial Anda menjadi lebih sehat.

Baca juga: Lunasi Utang Kartu Kredit di Akhir Tahun, Simak 3 Tipsnya

2. Kartu kredit tidak untuk semua orang

Pada akhirnya, pilihan metode pembayaran benar-benar bergantung pada Anda. Sebagai seorang individu tentunya Anda memiliki kendali bagaimana akan menghabiskan uang Anda.

Rod menyebut, tagihan kartu kredit merupakan sumber utang terbesar bagi milenial (mengalahkan utang pinjaman pendidikan). Maka dari itu, sangat penting untuk mempertimbangkan faktor kemampuan Anda dalam melakukan pembayaran tagihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com