Kompas.com - 18/02/2020, 14:17 WIB
ilustrasi bandara Shutterstockilustrasi bandara

NEW YORK, KOMPAS.com - Saat bepergian dengan pesawat, seringkali kita menghabiskan banyak waktu di bandara.

Tidak hanya menunggu keberangkatan pesawat, tidak jarang penumpang juga transit selama berjam-jam di bandara untuk menunggu penerbangan berikutnya.

Namun, hati-hati, sebab waktu yang kita habiskan di bandara juga bisa berdampak serius pada dompet Anda. Pasalnya, dengan banyaknya toko di bandara, acapkali kegiatan belanja tak bisa dihindari.

Baca juga: Jadilah Konsumen Cerdas, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja

Dilansir dari Reader's Digest, Selasa (18/2/2020), menurut perusahaan konsultan Intervistas, bandara secara diam-diam dirancang untuk membuat Anda membelanjakan banyak uang.

Bagaimana caranya?

Jalan di dalam terminal bandara cenderung belok ke kiri. Karena sebagian besar orang cenderung menggunakan tangan kanan, maka belokan yang berlawanan arah membuat Anda secara naluri akan menoleh ke kanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi Bandara Kualanamu: Penumpang berjalan menuju ruang tunggu Gate 8 di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Bandara Kualanamu adalah satu pintu masuk wisatawan menuju Danau Toba.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Ilustrasi Bandara Kualanamu: Penumpang berjalan menuju ruang tunggu Gate 8 di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Bandara Kualanamu adalah satu pintu masuk wisatawan menuju Danau Toba.

Hasilnya, ada saja yang menarik perhatiam Anda. Sebelum benar-benar sadar, Anda sudah belanja banyak barang di toko duty free atau toko lainnya, seperti buku, camilan, hingga parfum.

Lokasi toko-toko pun dirancang secara strategis. Anda akan menemukan banyak toko di lokasi yang paling ramai dilalui orang di bandara, misalnya.

Baca juga: 5 Fakta soal Belanja Barang Impor Via E-Commerce Kena Pajak

Beberapa bandara juga bahkan mengatur letak toko-toko yang memaksa penumpang harus melewatinya saat berjalan menuju gerbang keberangkatan.

"Toko-toko duty free dengan desain akses jalan seperti itu mencatat penjualan 60 persen lebih tinggi, karena 100 persen konsumen terekspos," tulis Intervistas dalam laporannya.

Jadi, lain kali jika Anda harus berjalan melewati toko-toko di bandara, teruslah berjalan. Dengan begitu, Anda terhindar dari belanja impulsif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.