Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform Digital Ini Tawarkan Kerja Sama Pengembangan Bisnis UMKM

Kompas.com - 18/02/2020, 18:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pelaku usaha kini punya opsi bekerja sama untuk mengembangkan bisnisnya, termasuk bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini lantaran hadirnya perusahaan teknologi digital yang memfokuskan layanannya untuk membantu kebutuhan pelaku usaha mulai hari ini. Perusahaan tersebut yakni Youtap Indonesia.

Melalui platform dengan teknologi digital, Youtap Indonesia menawarkan inovasi untuk efisiensi, efektivitas dan produktivitas usaha. Baik untuk pelaku usaha besar seperti korporasi maupun UMKM seperti warung dan toko kelontong. 

Layanan dan teknologi yang diberikan Youtap dimulai dari teknologi penerimaan pembayaran baik tunai maupun non-tunai, layanan kasir, pengelolaan inventori, laporan dan analisa penjualan, customer loyalty hingga insights.

Baca juga: Omnibus Law, Tarif Tiket Pesawat Domestik Kelas Ekonomi Tak Diatur Menhub

Transaksi akan tercatat dengan rapi sehingga pelaku usaha dapat melacak pemasukan dan pengeluaran dengan mudah, ditambah informasi detail seperti jumlah transaksi, waktu, produk atau layanan yang paling diminati dapat dijadikan dasar untuk merancang rencana bisnis kedepannya.

Selain menyediakan teknologi berbasis platform dan aplikasi, Youtap juga memberikan pelayanan dengan mendampingi semua merchant-nya untuk dapat dengan mudah menggunakan teknologi tersebut.

Herman Suharto, Chief Executive Officer (CEO) Youtap Indonesia, mengatakan dalam 5 tahun ke depan, pertumbuhan ekonomi nasional di masa depan akan ditopang oleh ekonomi digital.

Baca juga: Kisah Rico Huang, Berawal dari Bisnis Casing HP hingga Mampu Beli Ferrari

Menurutnya semua pihak baik itu pemerintah dan industri, berusaha untuk memberdayakan berbagai sektor usaha melalui transformasi digital. Youtap dihaarapkan bisa menawarkan solusi bisnis untuk membantu pelaku usaha dalam setiap layanan dan teknologi terintegrasi yang diberikan.

"Bukan hanya itu, pendampingan yang kami lakukan akan turut meningkatkan inklusi digital termasuk literasi keuangan digital terutama bagi pelaku usaha kecil,” kata Herman melalui siaran resmi, Selasa (18/2/2020).

Layanan Youtap saat ini sudah diujicobakan dan diimplementasikan mulai dari pelaku usaha skala besar sampai ke skala mikro.

Baca juga: Mengenang Ashraf Sinclair, Pernah Bisnis Ternak Lele

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com