Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Pantau Dampak Corona, Rupiah Melemah Tipis

Kompas.com - 19/02/2020, 17:24 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Rabu (19/2/2020) kembali mengalami pelemahan tipis.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.695 per dollar AS. Rupiah melemah tipis 1 poin sebesar 0,01 persen dibandingkan penutupan Selasa Rp 13.694 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pelemahan rupiah terjadi karena pasar masih melihat potensi dampak virus corona terhadap pelemahan ekonomi.

Baca juga: Dibuka Melemah, Rupiah Terdorong Sentimen Pelemahan Ekonomi China

"Iya, pasar mulai mengantisipasi potensi perlambatan ekonomi karena virus corona, jadinya rupiah masih melemah," kata Ariston kepada Kompas.com.

Akibat kekhawatiran pasar dengan potensi pelemahan ekonomi ini, banyak investor yang mengalihkan asetnya kepada aset yang 'aman'.

Harga emas pun terdorong naik karena penhalihan aset investor tersebut. Ini otomatis berdampak pada pelemahan rupiah sore ini.

Melansir New York Times, hingga hari ini jumlah kasus baru akibat corona di China mulai berkurang menjadi 1.749 orang dengan total infeksi yang dilaporkan adalah 74.185 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com