KILAS

Bertemu Managing Director for Asia Pacific EEAS, Wamendag Jerry Sambuaga Tekankan Percepatan Indonesia-EU CEPA

Kompas.com - 19/02/2020, 18:31 WIB
Didampingi Dubes RI untuk Belgia, Luxemburg, dan Uni Eropa Yuri Octavian Thamrin, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bertemu Managing Director for Asia Pacific European External Action Services Gunnar Wiegand, membicarakan isu-isu perdagangan dalam rangka percepatan penyelesaian IEU CEPA. DOK. Humas Kementerian PerdaganganDidampingi Dubes RI untuk Belgia, Luxemburg, dan Uni Eropa Yuri Octavian Thamrin, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bertemu Managing Director for Asia Pacific European External Action Services Gunnar Wiegand, membicarakan isu-isu perdagangan dalam rangka percepatan penyelesaian IEU CEPA.

KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menghadiri pertemuan dengan Managing Director for Asia Pacific European External Action Service untuk Asia Pasifik Gunnar Wiegand.

Jerry mengatakan, pertemuan tersebut guna memperhatikan beberapa perubahan paradigma Uni Eropa.

Salah satu paradigma, imbuh dia, adalah makin intensifnya perhatian Uni Eropa terhadap isu lingkungan yang bisa mengancam kelapa sawit dan produk Indonesia lainnya.

“Kementerian Perdagangan (Kemendag) perlu melakukan pendalaman untuk mencapai titik temu, terutama dalam memahami kondisi masing-masing,” kata Jerry dalam keterangan tertulis, Rabu  (19/2/2020).

Pada pertemuan tersebut, kedua negara merundingkan kerangka konsep perdagangan dan kerja sama yang lebih luas dengan mengakomodasi kepentingan serta karakter sosial ekonomi masing-masing.

Baca juga: Imbas Brexit, Perdagangan Inggris dan Uni Eropa Bakal Terganggu?

“Hal ini penting dilakukan karena secara riil Indonesia dan Uni Eropa berbeda dalam semua aspek," imbuh Jerry.

Ia melanjutkan, konsistensi terhadap penerapan ketentuan perdagangan internasional pada kedua belah pihak juga diperlukan.

Percepat IEU-CEPA

Pertemuan itu juga menjadi salah satu upaya Kemendag mempercepat perundingan perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia European Union/Uni Eropa (IEU-CEPA).

“Melalui pertemuan ini, diharapkan IEU-CEPA akan cepat selesai dan memberi manfaat besar,” kata Jerry.

Pembahasan lain pada pertemuan tersebut antara lain isu-isu perdagangan terkini di antara Indonesia dan Eropa, tinjauan perdagangan dan investasi, serta produk kelapa sawit.

Baca juga: RI Siap Hadapi Uni Eropa Terkait Diskriminasi Sawit di WTO

Jerry menambahkan, terdapat beberapa isu yang belum selesai dibahas pada perundingan yang sudah berjalan sembilan putaran tersebut.

Isu-isu tersebut di antaranya ada pada sektor perdagangan barang dan jasa, pengembangan kapasitas, dan belanja pemerintah.

“Indonesia ingin kebijakan standardisasi yang diberlakukan Uni Eropa untuk produk Indonesia, diterapkan pula pada produk serupa dari negara lain,” kata Jerry.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X